Kamis, 28 Sep 2017 13:10 WIB

4 Fakta Penting Seputar Hipertensi yang Sering Ditanyakan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan ke dokter soal seputar penyakit hipertensi. Simak jawaban dan penjelasan dokter selengkapnya berikut ini. Foto: dok detikcom Pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan ke dokter soal seputar penyakit hipertensi. Simak jawaban dan penjelasan dokter selengkapnya berikut ini. Foto: dok detikcom
Jakarta - Hipertensi adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Sayangnya menurut pakar, kewaspadaan soal penyakit ini masih tergolong rendah di masyarakat.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 oleh Kementerian Kesehatan, sekitar 26,5 persen penduduk dewasa Indonesia mengalami hipertensi. Sayangnya dari jumlah tersebut, 35,8 persen atau lebih dari sepertiganya tidak mengetahui bahwa mereka mengidap hipertensi.

"Hipertensi ini tergolong penyakit yang tidak bergejala. Tapi awareness masyarakat kita soal hipertensi juga masih tergolong rendah," ungkap dr Yuda Turana, SpS(K), Ketua Indonesian Society on Hypertension (INA-SH), baru-baru ini kepada detikHealth.

Oleh karena itu, detikHealth pun merangkum beberapa fakta penting seputar hipertensi yang sering ditanyakan. Apa saja?

(mrs/up)
News Feed