Selasa, 03 Okt 2017 15:21 WIB

Mengenal Diabetes, Penyakit yang Diidap 'Bang Napi' Sebelum Meninggal

Erika Kurnia - detikHealth
Arie Hendrosaputro alias Bang Napi disebut lama mengidap diabetes sebelum meninggal. Foto: Bang Napi (YouTube) Arie Hendrosaputro alias 'Bang Napi' disebut lama mengidap diabetes sebelum meninggal. Foto: Bang Napi (YouTube)
Jakarta - Kabar duka datang dari Arie Hendrosaputro atau yang dikenal masyarakat melalui satu acara TV sebagai 'Bang Napi'. Sebelum meninggal, Arie disebut mengidap diabetes dalam waktu lama.

"Sakit diabetes itu sudah lama. Cuma meninggal ini nggak tahu kenapa," tutur Lubba Rosita, sanak keluarga Arie, dalam laporan DetikHOT, Selasa (3/10/2017).

Lalu, mungkinkan diabetes bisa sebabkan kematian?

Menurut banyak penelitian dan fakta di lapangan, diabetes kronis atau yang berlangsung dalam waktu lama bisa memicu berbagai komplikasi di organ-organ vital.

Baca juga: Deretan Selebriti yang Meninggal karena Diabetes

Diabetes sendiri adalah penyakit kronis yang muncul karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin yang cukup atau karena tubuh tidak bisa secara efektif menggunakan insulin yang diproduksi. Kegagalan fungsi insulin, yang bekerja mengatur kadar gula darah, akan memicu peningkatan gula dalam darah dan merusak saraf serta pembuluh darah.

Menurut laporan WHO per Juli 2017, 8,5 persen orang dewasa berusia 18 tahun ke atas mengidap diabetes. pada 2014. Pada 2015, jumlah tersebut menyebabkan kematian pada 1,6 juta orang. Angka kematian tersebut diketahui karena diabetes kronis menyebabkan kerusakan hati, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Fakta menunjukkan bahwa orang dewasa yang menderita diabetes dua sampai tiga kali lipat berisiko alami serangan jantung dan stroke. Disertai dengan kurangnya aliran darah, neuropati atau kerusakan saraf juga meningkat hingga bisa memicu kebutaan jika terjadi di mata, dan meningkatkan luka yang tak kunjung sembuh, infeksi, serta kesempatan untuk amputasi.

Perlukah pengidap diabetes berolahraga? Simak penjelasan dokter dalam video Bincang Sehat berikut ini:

(up/up)
News Feed