Kamis, 05 Okt 2017 11:19 WIB

Alasan Demi Lovato Pilih Jiu Jitsu untuk Bugarkan Tubuh

Erika Kurnia - detikHealth
Demi Lovato memilih bela diri Jiu Jitsu untuk kebugarannya. Foto: Frazer Harrison/Getty Images Demi Lovato memilih bela diri Jiu Jitsu untuk kebugarannya. Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta - Ilmu bela diri asal Brasil Jiu-Jitsu belakangan ini ditekuni oleh penyanyi Amerika Serikat, Demi Lovato. Wanita yang kini sudah memiliki sabuk biru tersebut menganggap bela diri ini banyak memberi perubahan pada kebugaran tubuh dan mentalnya.

Dikutip dari Dailymail, Kamis (5/10/2017), wanita 25 tahun yang pernah mengalami depresi dan kecanduan alkohol karena masalah mentalnya ini mulai kembali ke jalur yang lebih sehat. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga. Sekarang, ia pun candu dengan bela diri Jiu Jitsu Brasil (BJJ).

"Saya tidak tahu kenapa, tapi BJJ itu adiktif. Suka tidak suka, ini menarik karena seni bela diri membuat Anda tidak berhenti belajar. BJJ juga seperti catur. Anda harus selalu cepat melangkah daripada lawan dalam pikiran Anda, dan perlu memikirkan gerakan kaki, memprediksi langkah selanjutnya dari lawan, dan harus selalu mengatur strategi," ungkapnya.

Demi Lovato pamerkan sabuk biru Jiu JitsuDemi Lovato pamerkan sabuk biru Jiu Jitsu Foto: instagram @ddlovato

Baca juga: Resep Tya Ariestya Jaga Kebugaran Fisik Selain dengan Taekwondo

Selain alasan tersebut, pelantun "Sorry Not Sorry" tersebut pun mengakui bahwa sesi latihan BJJ benar-benar membantunya membakar kalori di seluruh tubuhnya, serta membantu membangun otot, dan melatih kekuatan.

"Anda bisa tetap bugar dengan berlatih BJJ. Seni bela diri ini membakar banyak kalori karena ini adalah olahraga lengkap yang menggunakan setiap bagian tubuh Anda, dari ujung jari tangan sampai ujung jari kaki. Anda harus selalu menggunakan seluruh bagian tubuh, sehingga ini akan membangun otot dan kekuatan sekaligus membantu peregangan tubuh juga," jelas Lovato.

Faktor lain yang membuat Demi Lovato memilih Jiu Jitsu adalah tidak ada pertimbangan bentuk tubuh untuk bisa melakukan BJJ.

"Jika Anda ingin bermain basket Anda harus tinggi, ingin jadi pemain sepak bola harus cepat dengan kaki yang besar. Tapi, siapa pun bisa melakukan BJJ, baik orang jangkung, kurus, gemuk, pria maupun wanita, atau anak kecil. Semua orang bisa merasa nyaman dengan BJJ," ujar wanita yang juga mencoba Muay Thai, Tinju, dan Mixed Martial Arts.

Baca juga: Boleh Percaya atau Tidak, Ini Jenis Olahraga Paling Cocok Menurut Zodiak (up/up)
News Feed