Selasa, 10 Okt 2017 13:50 WIB

Kerupuk Seblak Picu Radang Usus Buntu? Ini Kata Dokter Pencernaan

Erika Kurnia - detikHealth
Satu broadcast viral karena kasus anak yang alami peradangan usus buntu terkait seringnya makan seblak. Foto: Facebook
Jakarta - Satu broadcast viral karena mengabarkan kasus anak yang alami peradangan usus buntu terkait seringnya mengonsumsi seblak. Dalam pesan tersebut, diceritakan bahwa sang anak yang awalnya mengeluhkan kram di perut terancam dioperasi dan dokter yang menangani memperkirakan kerupuk seblak sebagai pemicu radang usus buntu.

detikHealth meminta pendapat dokter spesialis pencernaan dari RSCM, Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Masalah peradangan pada usus buntu di pangkal usus besar atau dalam bahasa medis disebut apendisitis ini, menurutnya, memang bisa disebabkan penyumbatan.

"Peradangan usus buntu umumnya disebabkan daya tahan tubuh yang turun seperti karena kecapekan atau adanya penyumbatan sehingga memicu peradangan. Tapi, kasus karena penyumbatan makanan ini kemungkinannya kecil karena pergerakan usus halus sangat cepat. Kalau penyumbatan di usus besar biasanya karena feses," tuturnya, saat dihubungi pada Selasa (10/10/2017).

Baca juga: Ramai di Medsos! Gadis Ini Ususnya Bengkak, Konon Gara-gara Makan Seblak

Dr. Ari mengatakan, ia sedikit meragukan kerupuk mentah yang tetap kenyal dari seblaklah penyebabnya. Menurutnya, organ pencernaan manusia sudah cukup hebat untuk mengolah makanan sehingga bisa diserap dan dikeluarkan dengan baik.

"Saya rasa ini perlu diteliti lagi ya. Kerupuk kenyal di seblak ini juga kan mirip krecek di makanan gudeg, tapi orang baik-baik aja tuh makan gudeg. Pencernaan itu punya sistem pemrosesan makanan yang baik, mulai dari gigi di mana kita bisa menghancurkan makanan. Kemudian di dalam lambung ada asam lambung dengan pH 1-2 yang tujuannya membuat makanan hancur. Lalu ada proses menggiling makanan," terangnya.

Kepada orangtua yang memiliki anak atau siapapun yang gemar makan seblak, Dr. Ari pun mengingatkan agar mengonsumsi seblak dengan baik, yaitu tidak berlebihan, memastikan kebersihannya, dan mengunyah makanan dengan baik di mulut sebelum ditelan.

"Prinsip agar sistem pencernaan tetap sehat itu adalah pastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi dan jangan lupa mengunyah makanan. Seblak itu isinya mungkin lunak, tapi jangan lantas langsung ditelan begitu saja. Untuk orangtua baiknya ajarkan anak-anak untuk mengunyah makanan. Kalau yang direkomendasikan sampai 30 kali kunyahan," pesannya.

Kerupuk Seblak Picu Radang Usus Buntu? Ini Kata Dokter PencernaanIlustrasi seblak. Foto: dok. detikFood

BAHAYA MAKAN SEBLAK DRI KERUPUK MENTAH YG DI RENDAM tpi ttp kenyal

Pulang sekolah Salma perutnya kesakitan....lama kelamaan tidak bs d gerakan sama sekali seperti keram usus...aq bawa ke Igd Rs.Immanuel...sewaktu d periksa ama dokter igd salma muntah" dan diare...lalu diadakan pemeriksaan cek darah dan ronsen hasil nya asam lambung naik Leukosit sel darah putih nya 14rb lebih..

Setelah d infus besok nya dilakukan USG.. cek darah dan ronsen ...setelah d bacakan hasil nya sm Dokter spesialis bedah anak... usus nya terjadi pembengkakkan dan kata dokter usus buntu...dan kalau setelah plg dri sini perut nya sakit lg harus segera puasa selama 6 jam dan langsung tindakan operasi...kalo tidak usus nya akan pecah ...klo ususnya sudah pecah akan mengganggu rahim dan efek kdpn nya tdk bs pnya Anak Naudzubillah😢😢😢 penjelasan dokter sungguh sangat bikin dada sesak....

Dokter bertanya Apakah anak ini suka makan seblak?...salma menjawab iya....dan dokter pun bilang ...saya udh ratusan org dlm sthn ini mengoperasi yg usus buntu karna makan seblak.. saya bertanya kpd dktr..knp Dok anak saya bs kena usus buntu..pdhl ga bgtu suka pedes...
Usus buntu yg anak ibu alami bkn krna cabe nya...tpi karena kerupuk mentah klo d simpan dlm aer tpi tdk hancur malah jd kenyal ..kebayang ga ibu akan bagaimana...begitupun d dlm usus qt...kerupuk itu tdk akan hancur..

Maka berhati hatilah ibu" yg mempunyai anak gadis yg suka makan seblak kerupuk kering yg d rendam tpi kerupuk nya masih kenyal dan blm matang krna bs menyumbat d usus dan terjadi infeksi.....lebih baik mencegah drpd mengobati.... (/up)