Selasa, 10 Okt 2017 14:43 WIB

Seblak Picu Radang Usus Buntu? Dokter Kaitkan dengan Kebersihan

- detikHealth
Isu viral medsos mengenai kasus anak penderita infeksi usus buntu terkait kerupuk kenyal dalam seblak. Foto: Facebook
Jakarta - Satu broadcast viral karena mengabarkan kasus anak yang alami peradangan usus buntu terkait kerupuk kenyal dalam seblak. Selain karena kemungkinan penyumbatan usus buntu oleh makanan yang tidak dicerna baik, kebersihan makanan yang kurang juga bisa menjadi pemicunya.

Dokter spesialis pencernaan dari RSCM, Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa penyebab peradangan pada usus buntu kebanyakan disebabkan oleh imunitas yang menurun.

"Apendisitis atau peradangan usus buntu itu terjadi karena infeksi bakteri, misal karena kecapekan memicu daya tahan tubuh turun atau pangkal usus besar itu tertutup sehingga meradang. Kalau meradang karena kerupuknya mungkin enggak, karena seringnya usus buntu itu infeksi karena makanan yang sudah menjadi feses. Saya mengira ini karena kebersihan makanannya," ungkapnya, saat dihubungi DetikHealth, Selasa (10/10/2017).

Menurunnya imunitas, menurut dr. Ari bisa disebabkan banyak hal, baik karena faktor kelelahan sampai kontaminasi bakteri dalam makanan yang masuk ke dalam saluran cerna. Dalam kasus seblak ini, ia pun mengingatkan masyarakat untuk menghindari sajian yang tidak higienis.

"Prinsipnya kalau makanan itu enggak bersih akan menyebabkan infeksi pada usus. Makanan yang penyajian atau penyimpanannya kurang baik sehingga terkontaminasi bakteri itu bisa memicu infeksi akut pada usus. Kalau sudah infeksi, gejalanya muntah-muntah, diare, sel darah putihnya meningkat," pesannya.

Baca juga: Kerupuk Seblak Picu Radang Usus Buntu? Ini Kata Dokter Pencernaan

Ilustrasi gerobak penjual seblakIlustrasi gerobak penjual seblak. Foto: detikFood

Dalam broadcast yang viral tersebut, seorang ibu menuliskan bahwa anaknya mengalami sakit di usus hingga dilarikan ke rumah sakit setelah alami diare dan muntah-muntah. Setelah diperiksa melalui cek darah dan rontgen, asam lambung naik dan sel darah putihnya juga meninggakat hingga 14 ribu lebih.

"Setelah di infus besoknya dilakukan USG. Cek darah dan ronsen. setelah dibacakan hasil nya sm Dokter spesialis bedah anak... usus nya terjadi pembengkakkan dan kata dokter usus buntu...dan kalau setelah plg dri sini perut nya sakit lg harus segera puasa selama 6 jam dan langsung tindakan operasi...kalo tidak usus nya akan pecah ...klo ususnya sudah pecah akan mengganggu rahim dan efek kdpn nya tdk bs pnya Anak Naudzubillah penjelasan dokter sungguh sangat bikin dada sesak...." tulis broadcast tersebut.

Sang ibu pun menulis penjelasan dari sang dokter bahwa belakangan ini mulai banyak pasien yang harus dioperasi karena usus buntu dan kebetulan ketahuan senang makan seblak.

"Saya bertanya kpd dktr..knp Dok anak saya bs kena usus buntu..pdhl ga bgtu suka pedes... Usus buntu yg anak ibu alami bkn krna cabe nya...tpi karena kerupuk mentah klo d simpan dlm aer tpi tdk hancur malah jd kenyal ..kebayang ga ibu akan bagaimana...begitupun d dlm usus qt...kerupuk itu tdk akan hancur..," demikian yang ditulis dalam broadcast.

Baca juga: Ramai di Medsos! Gadis Ini Ususnya Bengkak, Konon Gara-gara Makan Seblak (up/up)