Rabu, 11 Okt 2017 13:00 WIB

Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Di negara tropis, terlebih di musim pancaroba, virus dan bakteri cenderung lebih mudah untuk berkembangbiak. Artinya, tubuh juga jadi lebih gampang terkena penyakit, termasuk penyakit flu dan batuk. Lantas, agar tak mudah terinfeksi penyakit tersebut, apa yang harus dilakukan?

Disampaikan oleh dr Kevin William Hutomo, dr umum dari RS Permata Depok, agar tidak mudah terkena flu dan batuk. Tentu harus menjaga kesehatan dengan makan teratur, menjaga makanan atau minuman yang dikonsumsi, berolahraga serta minum vitamin.

"Nah khususnya untuk flu, apalagi di musim pancaroba ini sering banget kan, jadi kalau sudah merasa badan kurang enak, pakai masker, itu preventif saja. Karena bisa saja orang lain bersin nggak ditutup, pada saat badan nggak enak, terus kita membiarkan virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, itu makin memperburuk kondisi kesehatan kita," jelas dr Kevin kepada detikHealth.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

"Seharusnya daya tahan tubuhnya sudah melawan infeksi dari dalam. Cuma karena banyak orang lain yang bersin-bersin, virus atau bakteri dari luar semakin banyak, pas kita lagi nggak fit dan kita membiarkan hal itu ya fisik kita makin drop," tambah dr Kevin.

Kemudian, imbuh dr Kevin, jika ingin bepergian, apalagi menggunakan kendaraan sepeda motor, sebaiknya usahakan membawa jas hujan. Jangan sampai pada saat turun hujan, tubuh dibiarkan kehujanan atau kedinginan. Karena hal itu akan memperburuk kondisi tubuh.

Selain itu, dr Kevin menyarankan untuk menghindari minum minuman es saat udara sangat panas khususnya yang sangat manis maupun sirup. Sebab kandungan gula yang lebih tinggi bisa membantu bakteri jahat berkembang di saluran pernapasan atas.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Sering Sakit di Musim Pancaroba?

(hrn/up)