Selasa, 17 Okt 2017 14:35 WIB

Benarkah Gorengan dan Minuman Dingin yang Jadi Biang Keladi Suara Serak?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Gorengan dan minuman dingin bisa sebabkan suara serak/Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang yang kerap menyalahkan makanan berminyak seperti gorengan atau minuman dingin, ketika mereka mengalami suara serak. Sebenarnya, apakah memang makanan dan minuman ini bisa menyebabkan suara menjadi serak?

Pakar kesehatan di bidang telinga, hidung, dan tenggorokan dari dari RS Permata Depok, dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, menyebut ada tiga saluran di area belakang kerongkongan, yakni saluran pencernaan, saluran napas, serta saluran tuba yang mengarah ke telinga. Nah, ketika minum minuman dingin, terjadilah kondisi yang dikenal dengan istilah laryngopharyngeal reflux atau LPR, kondisi di mana asam lambung naik ke area laring atau pita suara.

"Nah itu ketika kita konsumsi yang terlalu dingin atau terlalu panas, terjadi perubahan suhu kan, pada kondisi perubahan yang ekstrem, di area pita suara kita itu kan banyak selaput lendir jadi udem atau bengkak di area pita suara itu yang bikin suara tiba-tiba serak," tutur dr Linda, sapaan akrabnya, saat berbincang dengan detikHealth belum lama ini.

"Nanti nggak berapa lama, misalnya yang mengonsumsi air dingin atau panas berhenti, suaranya kembali baik. Kecuali ada faktor yang lain," lanjut wanita berhijab ini.

Baca juga: Suara Serak dan Tiba-tiba Hilang? Waspada, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Demikian juga dengan makanan berminyak, seperti gorengan, dr Linda mengatakan pada prinsipnya sama seperti minuman dingin. Saat melahap gorengan yang masih panas maka terjadi perubahan suhu yang ekstrem, sehingga mengakibatkan suara menjadi serak.

"Atau gorengan lemak atau minyak memicu asam lambung atau reflux, nah si asamnya ini yang membuat pita suaranya terganggu," ujarnya.

dr Linda menambahkan, gorengan yang terlalu asin juga bisa membuat tenggorokan tidak nyaman dan membuat suara serak, sebab garam memiliki sifat mengikat air yang akhirnya kondisi pita suara seperti kekurangan air alias kering.

"Kita ada protokol untuk LPR, jadi nggak boleh lemak, makanan berbumbu, kopi, teh, jahe, jeruk," imbuh dr Linda.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Kebiasaan Seperti Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Pita Suara (hrn/up)