Rabu, 18 Okt 2017 15:33 WIB

5 Kandungan Makanan yang Perlu Dihindari untuk Mencegah Anemia Makin Parah

Erika Kurnia - detikHealth
Makan-makanan tertentu bisa memperparah anemia. Foto: Instagram Makan-makanan tertentu bisa memperparah anemia. Foto: Instagram
Jakarta - Anda rentan mengalami anemia? Anda harus tahu bahwa pada kondisi tertentu, anemia yang berhubungan dengan defisiensi zat besi dan folat juga bisa dipicu oleh mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tertentu.

Sementara Anda perlu banyak makanan kaya zat besi dan asam folat, beberapa makanan tertentu dapat menghambat penyerapan zat gizi pembentuk penyerapan darah, sehingga memperparah anemia. Oleh karenanya, berikut lima kandungan makanan yang baiknya dihindari ketika anemia:

Kalsium
Salah satu penyebab utama anemia adalah kekurangan zat besi dan karenanya orang yang menderita anemia seperti ini disarankan untuk tidak makan makanan yang mengandung kalsium. Kalsium yang banyak terkandung dalam produk susu bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga memperburuk kondisi anemia.

Baca juga: Deretan Makanan yang Ampuh Untuk Usir Anemia

Tannin
Minuman seperti teh dan kopi mengandung tannin.Minuman seperti teh dan kopi mengandung tannin. Foto: Thinkstock

Minuman seperti teh hitam, teh hijau, dan kopi mengandung banyak tannin yang ternyata harus dihindari orang dengan anemia atau defisiensi zat besi. Senyawa tannin, yang juga terkandung dalam anggur dan jagung, dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Gluten
Makanan kaya gluten harus dihindari oleh orang yang menderita anemia karena dapat memperburuk anemia. Gluten, pada beberapa orang, dapat membuat kerusakan pada dinding usus. Ini juga mencegah penyerapan zat besi dan asam folat, yang keduanya dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Gluten terutama ditemukan dalam pasta dan produk gandum.

Fitat
Kacang-kacangan mengandung fitat yang bisa memperburuk anemia.Kacang-kacangan mengandung fitat yang bisa memperburuk anemia. Foto: iStock

Fitat bisa mengikat zat besi di saluran pencernaan sehingga mencegah penyerapan zat besi. Untuk itu, orang dengan anemia baiknya menghindari makanan yang mengandung asam fitat, seperti kacang-kacangan, beras merah, gandum, dan kacang-kacangan.

Asam oksalat
Seperti dilansir dari Healthcareasia, Rabu (18/10/2017), makanan yang mengandung asam oksalat diketahui mengganggu penyerapan zat besi dalam kondisi tertentu. Oleh karenanya, orang-orang dengan anemia disarankan untuk mengonsumsi makanan ini dalam jumlah terbatas. Makanan mengandung asam oksalat ini seperti kacang tanah, bayam, peterseli, dan coklat.

Baca juga: Foto-foto Ini Buktikan Anemia Tidak Boleh Disepelekan (up/up)