Jumat, 20 Okt 2017 08:35 WIB

Berlebihan Olahraga Juga Berbahaya, Ini Batasannya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ingat istirahat yang cukup juga tidak kalah penting untuk menjaga gaya hidup sehat. (Foto ilustrasi: Reuters/Stringer) Ingat istirahat yang cukup juga tidak kalah penting untuk menjaga gaya hidup sehat. (Foto ilustrasi: Reuters/Stringer)
Jakarta - Kurang olahraga disepakati sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan. Namun berlebihan olahraga, menurut sebuah penelitian terbaru, juga tidak lebih sehat.

Penelitian di Chicago tersebut mengatakan bahwa para pria yang berolahraga lebih dari 7,5 jam dalam sepekan punya risiko penyakit jantung 86 persen lebih besar. Artinya, mereka yang berolahraga lebih dari 1 jam sehari selama 7 hari tanpa jeda, perlu waspada.

Stres yang disebabkan oleh olahraga berlebihan, menurut penelitian ini bisa menyebabkan kalsifikasi pembuluh darah arteri jantung atau CAC (coronary artery calcification).

Baca juga: Lari ke Kantor Tak Bisa Asal-asalan, Ini Risikonya Jika Memaksakan Diri

"Olahraga tingkat tinggi lama-lama bisa menyebabkan stres pada pembuluh darah arteri dan menyebabkan CAC," kata Dr Jamal Rana dari Kaiser Permanente di Oakland yang turut serta dalam penelitian tersebut, dikutip dari Dailymail.

Namun temuan ini bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Para ilmuwan mengakui, ada beberapa faktor yang tidak dievaluasi dan menjadi keterbatasan dalam penelitian ini. Mereka mempublikasikannya di jurnal Mayo Clinic Proceedings.

Baca juga: Foto: Olahraga untuk Para Wanita Perkasa (up/up)
News Feed