Senin, 23 Okt 2017 19:35 WIB

Dokter Ungkap Hal yang Lebih Penting dari Sikat Gigi

Aisyah Kamalia - detikHealth
Membersihkan mulut dengan benang gigi tidak kalah penting dari sikat gigi. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Membersihkan mulut dengan benang gigi tidak kalah penting dari sikat gigi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Seorang dokter gigi asal Sydney Dr Steven Lin percaya bahwa kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan memiliki koneksi. Karena itu, sekedar menggosok gigi saja tidak menjamin kesehatan area mulut bisa sehat.

Seperti dilansir Body + Souls, Senin (23/10/2017), ingin tahu apa yang paling penting dibandingkan sikat gigi? Ternyata memperhatikan nutrisi yang kita konsumsi dalam keseharian adalah jawabannya. Seperti diketahui, penyebab banyak masalah di mulut termasuk gigi busuk untuk gusi meradang salah satunya juga dapat disebabkan karena makanan yang kita makan.

"Kebanyakan orang dewasa, dan hampir tidak ada anak-anak yang menggosok gigi dan flossing dengan benar. Menyikat gigi ibarat membawa mobil dengan mesin yang rusak ke tempat cuci mobil. Membersihkan, tapi tidak mengatasi masalah." kata Dr Lin.

Baca juga: Ini Sebabnya Jarang Sikat Gigi Bisa Bikin Gigi Goyang

Masih menurut Dr Lin, kebiasaan menggosok gigi juga baru dilakukan sekitar beberapa dekade yang lalu, sehingga melengkapi pola makan dengan memenuhi kebutuhan lemak, vitamin D, vitamin A dan vitamin K2 adalah hal seharusnya lebih diperhatikan.

"Seiring waktu, kita telah membuang makanan yang mempromosikan kesehatan gigi seperti mentega, daging, kuning telur dan susu tinggi lemak. Jika Anda tidak memasukkan jenis lemak ini dalam makanan Anda, Anda akan kehilangan kemampuan untuk menyerap vitamin tersebut," ujarnya.

Di samping itu, ia juga mengingatkan pentingnya membatasi asupan makanan yang bisa merusak gigi. Berdasarkan pendapat Dr Lin, minyak sayur dan tepung putih adalah karbohidrat olahan sehingga efek metaboliknya yang sangat mirip dengan gula dan dapat menciptakan bolong pada gigi.

Baca juga: Tips Cegah Gigi Berlubang Ketika Malas Sikat Gigi (up/up)
News Feed