Kamis, 26 Okt 2017 17:00 WIB

Agar di Usia Remaja Tak Gampang Depresi dan Bunuh Diri, Ini Saran Psikolog

Suherni Sulaeman - detikHealth
Saran psikolog agar anak tak mudah depresi dan bunuh diri adalah dengan bersosialisasi/Foto: thinkstock Saran psikolog agar anak tak mudah depresi dan bunuh diri adalah dengan bersosialisasi/Foto: thinkstock
Jakarta - Masa remaja seringkali dihubungkan dengan stereotip mengenai ketidakselarasan emosional maupun perilaku. Karena pada masa ini, remaja kerap mengalami perubahan-perubahan penting seperti perubahan hormonal maupuan psikologis. Di masa ini pula, remaja rentan mengalami depresi dan mungkin punya pikiran untuk bunuh diri.

Seperti kasus pelajar SMP di Jombang yang nekat bunuh diri lantaran kurangnya kasih sayang dan ketidakmampuan bersosialisasi. Nah, agar anak-anak yang mungkin bernasib sama supaya tidak gampang depresi dan melakukan hal terlarang tersebut, bagaimana saran psikolog?

"Anak-anak lain...banyak-banyaklah memiliki teman yang baik di luar rumah. Bersosialisasilah. Sosialisasi itu skill, bisa dipelajari dan harus sering dilatih supaya makin pintar," kata psikolog anak dan remaja, Rahajeng Ika MSi, Psikolog atau yang akrab disapa Ika, saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Pentingnya Perhatian Orang Tua Agar Anak Tak Nekat Bunuh Diri

Menurut Ika, menjadi pintar akademis bukanlah segala-galanya, dalam hidup yang lebih penting adalah attitude. Di samping itu, perbanyak juga kegiatan-kegiatan positif serta fokus menghasilkan karya ataupun prestasi.

"Supaya pikirannya terbuka, banyak-banyak membaca dan bepergian ke tempat yang baru. Pelajari budayanya," saran Ika.

Lanjut Ika, bisa juga melakukan hal-hal sosial lain yang lebih mulia, yakni mencoba membantu anak lain. Sebab, akan selalu ada orang yang mengalami keadaan lebih sulit dibanding diri sendiri dan tentu membutuhkan bantuan.

"Makin banyak menolong orang lain, kita akan menolong diri sendiri juga," pungkasnya.

Baca juga: Kata Dokter Jiwa Soal Depresi Hingga Bunuh Diri Pada Remaja (hrn/fds)