Jumat, 27 Okt 2017 14:30 WIB

Ledakan Kosambi, Begini Pertolongan Pertama pada Korban Luka Bakar Parah

Suherni Sulaeman - detikHealth
Pertolongan pertama pada luka bakar parah/Foto: Faiq Hidayat/detikcom
Jakarta - Insiden ledakan pabrik kembang api di Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis kemarin, banyak memakan korban. Sebanyak 46 korban selamat mengalami luka bakar yang cukup parah dan fatal.

Belajar dari peristiwa ini, sebelum membawa korban ke rumah sakit, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kerusakan tubuh yang terjadi.

Disampaikan oleh dokter spesialis kulit dari klinik D&I Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, penanganan pertama pada luka bakar perlu dilakukan untuk menghentikan proses paparan panas agar tak semakin meluas dan menambah parah kerusakan kulit.

"Hal pertama yang dilakukan adalah mendinginkan luka dengan air, bisa dengan menyiram dengan air mengalir," terang dr Darma, sapaan akrabnya, saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Belajar dari Ledakan Kosambi, Ini Langkah Tangani Korban Luka Bakar

Kemudian menurutnya, untuk menghindari masuknya kuman pada area luka atau bagian yang terkena luka bakar dapat ditutup dengan perban ataupun kasa.

"Apabila luka bakar sampai menimbulkan lepuh, sebaiknya jangan dipecahkan sendiri untuk mengurangi resiko infeksi yang dapat menghambat penyembuhan luka," kata dr Darma.

Selanjutnya, jika sudah dilakukan tindakan atau penanganan pertama seperti itu, dr Darma menganjurkan agar segera bawa korban ke rumah sakit.

"Iya segera ke rumah sakit," pungkas dr Darma.

Baca juga: Mengapa Gigi Dipakai untuk Identifikasi Korban Kebakaran? (hrn/up)