Minggu, 29 Okt 2017 09:15 WIB

New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Seluruh Tempat Publik

Firdaus Anwar - detikHealth
New York melarang rokok elektrik untuk digunakan di seluruh ruang publik/Foto: Getty Images
Jakarta - Pemerintah kota New York menerapkan aturan baru yang melarang rokok elektrik digunakan di seluruh ruang publik. Aturan akan mulai berlaku 30 hari ke depan dan ini artinya kota New York memperlakukan rokok elektrik seperti rokok pada umumnya.

Ketika peraturan sudah berlaku maka orang-orang tidak bisa lagi menghisap rokok elektrik (vaping) di dalam kantor, restoran, atau tempat umum lain. Memang dari sebelum ada aturan tersebut beberapa tempat sudah menerapkan larangannya sendiri, namun dengan ini setidaknya hukum menjadi lebih kuat.

Baca juga: Video Viral Anak di Bawah Umur Mengisap Rokok Elektrik Bikin Miris

Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan peraturan larangan menghisap rokok elektrik lahir sebagai langkah pencegahan. Saat ini belum banyak peraturan khusus tentang rokok elektrik sementara penggunaannya makin populer.

"Produk ini sering dijual sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan rokok, tapi nyatanya ia juga memiliki risiko kesehatan jangka panjang bagi pengguna dan orang sekitar. Ini adalah upaya menutup celah hukum untuk menciptakan masyarakat New York yang lebih sehat dan kuat," kata Andrew seperti dikutip dari BBC, Minggu (29/10/2017).

Di Indonesia sendiri juga belum ada aturan khusus untuk rokok elektrik. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pernah memaparkan rencananya untuk membuat aturan itu sejak tahun 2014 lalu namun hingga kini belum ada kelanjutan.

Kepala Sub Direktorat Pengawasan Rokok, Direktorat Pengawasan NAPZA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dra Lela Amelia, Apt, M.Epid, mengungkapkan bahwa saat ini produk rokok elektrik yang ada di Indonesia diimpor sebagai produk elektronik, bukan produk kesehatan.

"Sehingga produk itu dijual bebas tanpa cukai, tanpa label peringatan, tanpa label bahaya dan tanpa standarisasi. Kenapa? Karena belum ada regulasinya, belum ada kategori si rokok elektrik ini masuk kategori apa di Indonesia," pungkas Lela.

Baca juga: Meski Rokok Elektrik Bukan Produk Kesehatan, Rumusan Regulasinya Jalan Terus (fds/up)