Senin, 30 Okt 2017 08:00 WIB

Minum Susu Untuk Sarapan, Baik atau Tidak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Salah satu ahli mengatakan minum susu untuk sarapan sebenarnya sah-sah saja/Foto: Thinkstock Salah satu ahli mengatakan minum susu untuk sarapan sebenarnya sah-sah saja/Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang memilih untuk mengonsumsi segelas susu di waktu sarapan dibandingkan memakan sepiring nasi dan lauk sehat seperti telur. Tapi, apakah susu memang pilihan yang tepat saat perut masih dalam keadaan kosong?

Dr Rupali Datta, nutrisionis klinis dari Okhla, Delhi menuturkan bahwa ia minum susu sebagai menu sarapan pagi adalah hal yang sah-sah saja dilakukan. Masih kata Dr Datta susu adalah sebuah menu makanan yang lengkap untuk mengawali hari dengan satu catatan.

"Aku tidak melihat adanya masalah mengonsumsi susu pada saat perut kosong kecuali Anda mengalami masalah pencernaan yang kurang baik, atau intoleran pada laktosa," ujarnya seperti dikutip dari NDTV Food, Senin (30/10/2017).

Baca juga: Agar Otak Sehat dan Konsentrasi Meningkat, Yuk Sarapan Menu Telur!

Sementara itu menurut nutrisionis makrobiotik dan praktisi kesehatan, Shilpa Arora ND, ia kurang menganjurkan susu untuk dikonsumsi ketika pagi hari. Pasalnya, saat pagi hari makanan yang harus dikonsumsi adalah yang mudah untuk dicerna.

"Jika perut Anda kosong, Anda harus selalu memulai dengan sesuatu yang ringan serta memiliki efek pembersihan pada sistem Anda. Chaach (minuman fermentasi khas India) atau makanan fermentasi lainnya jauh lebih mudah dicerna," jelasnya.

Selain minuman fermentasi, Arora menyebutkan air lemon atau cuka apel akan lebih sehat dimakan untuk memulai hari dibandingkan meminum segelas susu. Jadi, siapa yang sarapan dengan susu hari ini?

Baca juga: Catat! Ini Dua Syarat Utama Sarapan Sehat

(up/up)
News Feed