Rabu, 01 Nov 2017 10:30 WIB

Ini Sebabnya Usai Olahraga Hati Terasa Senang Meski Pegal-pegal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Saat berhubungan seks, tidak jarang beberapa pasangan merasakan sakit, biasanya terjadi saat melakukan foreplay. Namun beberapa orang mengaku bahwa rasa sakit malah menyenangkan.

Hal ini hampir sama dengan melakukan olahraga dan mengalami sakit di beberapa titik, tetapi kita tetap merasa senang.

Menurut ahli fisiologi dan olahraga, dr Ian Gillam, olahraga membuat tubuh memproduksi hormon endorfin, yaitu hormon yang membuat seseorang merasa bahagia.

Baca juga: Mengungkap Sebab Istri yang Selalu Cemas Jelang Bercinta

"Pelepasan endorfin biasanya terjadi dengan olahraga yang lebih lama. Lebih dari 45 menit latihan intens bisa memicu pelepasan endorfin yang signifikan," ujarnya dikutip dari New York Post, Rabu (1/11/2017).

Endorfin dapat mengurangi rasa sakit karena berolahraga, sama halnya dapat mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks. Tetapi Gillam memperingatkan bahwa endorfin bersifat menipu, orang-orang bisa berlebihan melakukan olahraga atau berhubungan seks karena rasa sakit yang dihasilkan kerap tidak terasa.

"Penting bagi orang-orang yang mengambil bagian dalam perilaku ini untuk memastikan mereka memberi perhatian besar pada pasangan mereka dan mengamati respons mereka terhadap tindakan (yang menyakitkan) tersebut," tegas terapis dan konselor hubungan seksual, Jacqueline Hellyer.

Baca juga: Cemas Menghadapi Malam Pertama? Ini Saran untuk Para Wanita

(wdw/up)
News Feed