Rabu, 01 Nov 2017 18:50 WIB

Sering Jajan Es Jadi Penyebab Amandel Anak Ini Membesar

Firdaus Anwar - detikHealth
Sering jajan es, amandel anak ini bengkak. Foto: dok. pribadi Sering jajan es, amandel anak ini bengkak. Foto: dok. pribadi
Jakarta - Amandel atau tonsil adalah suatu bagian dari jaringan limfa yang terletak di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. Ketika terjadi iritasi atau infeksi oleh virus atau bakteri maka amandel bisa meradang membuat seseorang sulit untuk menelan makanan.

Nah terkait hal tersebut satu orang anak dari Pulomas, Jakarta Timur, mengalami pembesaran amandel yang cukup parah. Amandel kiri dan kanannya mencapai ukuran T3 nyaris menutupi saluran tenggorokkan.

Baca juga: Konsultasi Umum: Mengatasi Radang Amandel Tanpa Operasi

Menurut dr Frans Abednego Barus, SpP, dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang menangani kasus ini sang anak diketahui memang memiliki riwayat alergi dan punya kebiasaan jajan sembarangan. Kemungkinan amandelnya membesar karena peradangan berulang kombinasi dari alergi, konsumsi makanan atau minuman dingin, dan infeksi.

"Anak hipersensitif alergi, mudah radang bila terkena trauma dingin misal es atau minuman dingin. Radang berulang menghasilkan tonsil yang terus membesar. Setiap radang kuman yang ada di rongga mulut dan sekitarnya memperberat infeksi," papar dr Frans kepada detikHealth pada Rabu (1/11/2017).

Kepada dr Frans sang anak mengaku kesulitan untuk menelan, napas, tidur, dan sering sakit-sakitan. Kalau sudah seperti ini maka langkah medis yang harus dilakukan adalah dengan operasi pengangkatan amandel karena obat sudah tidak bisa lagi mengurangi ukurannya.

Hal tersebut sebetulnya bisa dicegah bila saja orang tua lebih perhatian memerhatikan kondisi kesehatan anak dan waspada terhadap gaya hidupnya.

"Kalau masih radang obati saja, kalau sudah besar dan kronik kaya gambar mau enggak mau operasi," kata dr Frans.

"(Orang tua -red) periksa sendiri tonsil anak Anda rutin, mudah pemeriksaannya," pungkas dr Frans.

Baca juga: Penyebab Penderita Amandel Tak Boleh Konsumsi Es Krim (fds/up)