Jumat, 03 Nov 2017 09:37 WIB

Tak Sempat Nge-gym? Tenang, Sepedaan ke Kantor Bisa Turunkan Berat Badan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sepeda sama efektifnya dengan nge-gym untuk turunkan berat badan/Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Sepeda sama efektifnya dengan nge-gym untuk turunkan berat badan/Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Apakah anda tak punya banyak waktu untuk pergi ke gym padahal badan sudah semakin melar? Tenang, Anda tetap bisa menurunkan berat badan dengan bersepeda ke tempat kerja. Peneliti menyebut naik pulang pergi naik sepeda sama efektifnya dengan nge-gym.

Seperti dikutip dari Hindustan Times, temuan menunjukkan bahwa menggunakan sepeda merupakan alternatif olahraga yang baik dalam memerangi obesitas. Pada penelitian sebelumnya mengatakan, bersepeda bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Pasalnya, orang-orang yang bersepeda, secara fisik dapat membakar kalori dalam jumlah yang sama seperti mereka yang berolahraga dengan intensitas tinggi di gym.

"Ini adalah kabar baik bagi banyak orang gemuk yang mungkin tidak memiliki waktu atau keinginan untuk bergabung dengan pusat kebugaran, karena mereka juga harus menjemput anak-anak mereka dan memasak makan malam setelah bekerja," kata Bente Stallknecht, profesor dan kepala departemen di Universitas Kopenhagen.

"Hasil kami menunjukkan untuk menggabungkan transportasi dari dan ke tempat kerja dengan latihan fisik yang efektif," tambah Stallknecht.

Baca juga: Sering Stres di Kantor? Coba Pulang Pergi Naik Sepeda Yuk!

Untuk keperluan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Obesity, tim membagi 130 peserta secara acak menjadi empat kelompok: kelompok bersepeda, dua kelompok latihan yang melakukan latihan fisik intensitas tinggi dan intensitas sedang di waktu luang, sisanya kelompok kontrol.

Hasilnya adalah massa lemak kelompok yang melakukan latihan intensitas tinggi di waktu luang berkurang 4,5 kg, sementara pada kelompok yang pulang pergi naik sepeda, massa lemak berkurang hingga 4,2 kg.

"Cara mengurangi massa lemak dengan mengendarai sepeda dari dan ke tempat kerja setidaknya sama efektifnya dengan saat berolahraga selama waktu senggang," jelas Jonas Salling Quist, asisten peneliti di universitas tersebut.

Baca juga: Berangkat!! Puluhan Peserta Gowes Sepeda 3.000 Km Sabang-Jakarta (hrn/up)
News Feed