3 Penyakit Tak Menular Ini Bisa Sebabkan Otak Mengecil Saat Tua

ADVERTISEMENT

3 Penyakit Tak Menular Ini Bisa Sebabkan Otak Mengecil Saat Tua

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sabtu, 04 Nov 2017 16:05 WIB
Orang dewasa yang mengidap tiga penyakit ini berisiko mengalami pengecilan otak saat memasuki periode lansia. Simak selengkapnya berikut ini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Risiko penurunan fungsi otak dan pengecilan ukuran otak ternyata bertambah besar jika seseorang terserang penyakit tidak menular. Studi terbaru dari Johns Hopkins University mengatakan ada tiga jenis penyakit tidak menular yang bisa memengaruhi kondisi otak.

Keenan A. Walker, peneliti dari JHU, menyebut diabetes melitus, penyakit jantung dan hipertensi dapat menyebabkan peradangan pada sistem tubuh. Jika berlangsung lama, peradangan ini bisa memengaruhi otak dan membuatnya mengecil.

Baca juga: 5 Faktor Ini Mempercepat Terjadinya Penyakit Pikun

"Pentingya mencegah diabetes, penyakit jantung, dan juga hipertensi bukan hanya untuk mengurangi risiko kematian, namun juga mencegah terjadinya pengecilan otak karena volumenya yang berkurang," tutur Walker, dikutip dari NY Times.

Penelitian dilakukan kepada 1.633 partisipan sejak tahun 1987 hingga 2013. Para partisipan diperiksa kesehatan dan dipindai otaknya dengan MRI secara berkala.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Neurology ini, ditemukan bahwa mereka yang mengalami diabetes, hipertensi dan penyakit jantung di tahun 1987, memiliki volume otak yang lebih kecil pada tahun 2013. Mereka juga diketahui memiliki penurunan fungsi kognitif dan ingatan yang lebih buruk.

Sebelumnya, studi yang dilakukan oleh peneliti dari Tel Aviv University menunjukkan hasil serupa. Pengidap diabetes yang mengalami resistensi insulin rentan mengidap demensia ketika memasuki hari tua.

Hasil penelitian menyebut partisipan yang mengalami resistensi insulin memiliki fungsi kognitif yang lebih rendah. Selain itu, mereka juga mengalami penurunan fungsi eksekutif yang berpengaruh terhadap kesehatan jiwanya.

Baca juga: Kantuk Berlebih Bisa Jadi Pertanda Sel-sel Otak Mengecil

(mrs/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT