Senin, 06 Nov 2017 14:38 WIB

Kecanduan Smartphone Berdampak Bagi Masa Depan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kecanduan smartphone saat ini dapat berdampak bagi masa depan nantinya. Foto: GettyImages/Andreas Rentz Kecanduan smartphone saat ini dapat berdampak bagi masa depan nantinya. Foto: GettyImages/Andreas Rentz
Jakarta - Hampir semua orang memiliki smartphone sebagai alat komunikasinya. Segala kegiatan komunikasi berindah ke telepon pintar itu. Karena itu disebutlah smartphone mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

Namun, penggunaannya saat ini memiliki dampak yang cukup luar biasa. Terutama bagi kesehatan tidur seseorang, tentu akan berkurang waktu dan kualitas tidurnya.

Dikutip dari New York Post, penelitian pada tahun 2015 menyebutkan bahwa 4 dari 10 remaja memiliki waktu tidur yang kurang, yakni kurang dari 7 jam semalam.

Baca juga: Gara-gara Smartphone, Makin Banyak Anak Muda Kena Text Neck

Dan menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sleep Medicine, hal ini adalah dampak dari penggunaan smartphone yang semakin tidak terkontrol saat ini.

"Tidur yang tidak memadai dapat memiliki efek negatif pada kesehatan," ujar dr Yolanda Reid Chassiakos dari David Geffen School of Medicine at UCLA.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 50 persen remaja menganggap dirinya telah kecanduan smartphone. Ini disebut nomofobia, yaitu ketakutan akan tidak bisa menggunakan gadget.

"Ini berimplikasi pada masa depan," tutup dr Yolanda.

Baca juga: 5 Dampak Buruk Kecanduan Smartphone untuk Kesehatan



(wdw/up)
News Feed