Rabu, 08 Nov 2017 17:46 WIB

Stres Sebelum Nikah, Bercak Putih Muncul di Kulit Calon Pengantin Ini

Erika Kurnia - detikHealth
Kandice Benford setelah alami vitiligo. Foto: instagram @kandif5 Kandice Benford setelah alami vitiligo. Foto: instagram @kandif5
Jakarta - Sembari stres karena sibuk dengan persiapan menikah, seorang calon mempelai wanita tiba-tiba menemukan bercak-bercak putih di kulitnya yang gelap. Kondisi tersebut dikenal sebagai vitiligo.

Kandice Benford pertama kali menemui bentuk vitiligo tersebut di tangannya dalam rupa bintik putih, saat masih duduk di bangku kuliah. Meski sudah melihat bercak kecil berwarna pudar di kulitnya, beberapa tahun yang lalu, ia belum begitu mempedulikannya.

Baru pada saat berusia 30 tahun, kondisi tersebut mulai menyebar dengan cepat. Perburukan kondisi tersebut terjadi saat Kandice sibuk dengan pekerjaan dan perencanaan pernikahannya, sementara sang calon suami sempat jatuh sakit pada saat itu.

"Saya pikir stres memicunya. Karena saya mengalami stres, saya mulai menemukan bercak-bercak yang sudah ada sebelumnya muncul di bagian lain dan terlihat lebih menonjol dalam waktu singkat," katanya, seperti dikutip dari Metro, Rabu (8/11/2017).

Sebelum alami vitiligoWajah Benford sebelum alami vitiligo Foto: instagram @kandif5

Baca juga: Muncul Bercak Putih, Vitiligo atau Bukan? Begini Cara Dokter Mendiagnosisnya

Selama setahun, bercak kulit yang berwarna lebih muda tersebut menyebar dan menutupi seluruh tubuhnya.

"Awalnya aku benar-benar kecewa. Bayangkan Anda melihat diri Anda setiap hari selama 30 tahun dan kemudian suatu pagi Anda terbangun dan tubuh Anda terlihat berbeda. Anak-anak akan berkata, 'Ibu, apa itu seluruh wajahnya?' atau orang akan bertanya, 'apakah itu luka bakar?'" kisah Benford.

Kekecewaan terus muncul, termasuk pada hari pernikahannya. Kandice sempat terpikir untuk menutupinya, tapi sang suami meyakinkannya untuk tidak melakukannya.

"Saya panik, tapi semua orang sangat mendukung. Suami saya berkata, 'Kamu cantik dengan atau tanpa vitiligo ini'. Saya pun memberi diri saya semangat dan terus maju. Saya pada akhirnya bisa merasa lebih hebat pada hari pernikahan saya. Sejujurnya, vitiligo membuatku lebih percaya diri," ungkapnya.

Vitiligo merupakan suatu kondisi yang menyebabkan memudarnya warna kulit yang diawali bercak-bercak berwarna lebih muda dari warna kulit. Hal ini terjadi akibat sel-sel yang membentuk melanin berhenti berfungsi atau mati. Vitiligo biasanya muncul pada daerah yang sering terbuka, seperti wajah, tangan, kaki.

Baca juga: Saat Belang di Kulit Akibat Vitiligo Menjadi Seni yang Indah

(up/up)
News Feed