Minggu, 12 Nov 2017 20:14 WIB

Lewat Program Ini, Kader Posyandu Bisa Lebih Semangat Layani Kesehatan

Muhammad Idris - detikHealth
Pemilihan Duta Posyandu program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero). Foto: Istimewa Pemilihan Duta Posyandu program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero). Foto: Istimewa
Jakarta - Menjadi kader posyandu yang merupakan ujung tombak program kesehatan pemerintah, khususnya ibu dan anak, bukanlah pekerjaan mudah. Mereka dituntut memberikan pelayanan sekaligus penyuluhan kesehatan di setiap waktu pada warganya. Maka keterampilan dalam penanganan kesehatan mutlak diperlukan.

Untuk mengapresiasi para pejuang kesehatan, Hero Supermarket menggelar Posyandu Fair dan Duta Posyandu di Masjid Ni'matul Ijtihad, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Sabtu (11/11/2017). Sebelumnya, jaringan gerai supermarket ini telah melakukan kegiatan serupa pada 11 Oktober 2017.

GM Corporate Affairs Hero Supermarket, Tony Mampuk mengatakan Posyandu Fair dan pemilihan Duta Posyandu adalah bagian dari program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero) yang fokus pada bidang kesehatan ibu dan anak.

"Tahun ini merupakan puncak dari tiga tahun program KASIH yang dilakukan Hero untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan anak dan Ibu di tengah masyarakat. Dalam acara Posyandu Fair, selain untuk mengevaluasi sejauh mana manfaat dari program KASIH bagi posyandu dan kadernya, ajang ini juga dimaksudkan memberikan apresiasi melalui pemilihan Duta Posyandu dan posyandu terbaik," jelas Tony dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/11/2017).

Kedua program apresiasi tersebut diharapkan menjadi stimulus para kader posyandu untuk lebih terpacu memberikan layanan dan peyuluhan kesehatan. Apalagi banyak penyakit yang bisa dideteksi lebih dini di tingkat posyandu sehingga penanganannya lebih mudah dan cepat, termasuk imunisasi.

"Kami sangat mengapresiasi semangat para kader yang memiliki komitmen disertai ketulusan dalam memberikan penyuluhan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Untuk itu, kami berharap dengan terpilihnya Duta Posyandu dan posyandu terbaik dalam Posyandu Fair ini, para kader semakin terpacu untuk meningkatkan pelayanannya," lanjutnya.

Tony Mampuk, GM Corporate Affairs Hero Supermarket secara simbolis memberikan penghargaan kepada Posyandu Terbaik 2017 untuk Wilayah Jakarta, yang dimenang oleh Posyandu Belimbing, Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Pemilihan Kader dan Posyandu terbaik di Wilayah Jakarta Selatan melibatkan 28 posyandu dan lebih dari 200 kader.Tony Mampuk, GM Corporate Affairs Hero Supermarket secara simbolis memberikan penghargaan kepada Posyandu Terbaik 2017 untuk Wilayah Jakarta, yang dimenang oleh Posyandu Belimbing, Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Pemilihan Kader dan Posyandu terbaik di Wilayah Jakarta Selatan melibatkan 28 posyandu dan lebih dari 200 kader. Foto: Istimewa

Menurutnya, terdapat perbedaan pada Posyandu Fair tahun ini karena kegiatan dilakukan sebanyak dua kali di area yang berbeda. Ini dilakukan guna menemukan Duta Posyandu dan posyandu terbaik yang disaring dari 85 posyandu binaan Hero Supermarket di area Tangerang Selatan dan Jakarta.

"Dengan cakupan wilayah posyandu binaan Hero Supermarket yang cukup luas, kami menyadari tidak cukup pemberian dipusatkan di satu wilayah. Maka tahun ini kami melakukannya di dua lokasi, yakni Jakarta dan Tangerang Selatan. Agar penerima apresiasi ini lebih terpacu dan mampu menginspirasi semangat para kader lainnya, untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui kegiatan posyandu," ungkapnya.

Pemilihan kader dan posyandu terbaik di wilayah Jakarta Selatan melibatkan 28 posyandu dan lebih dari 200 kader. Rangkaian proses penilaian posyandu sudah dilakukan sejak Maret hingga September 2017 yang melibatkan pihak puskesmas, kelurahan, dan tim perwakilan Hero Supermarket.

Proses penilaian dilakukan dengan metode observasi, tes tertulis, dan wawancara. Para kader dan posyandu menjalani penilaian yang menitikberatkan pada fasilitas posyandu, kompetensi kader, administrasi posyandu, serta pelayanannya.

Kini Hero Supermarket memiliki 108 posyandu binaan yang tersebar di Jakarta, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Timika. Implementasi program KASIH meliputi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan pembekalan kepada kader melalui penyuluhan rutin, termasuk pelatihan kewirausahaan kepada posyandu binaan.

"Di era yang semakin maju ini, posyandu masih menjadi pilihan masyarakat, terutama untuk ibu dan anak. Karena lokasi yang dekat dengan pemukiman serta memiliki komitmen pelayanan yang baik untuk kesehatan masyarakat. Dengan pemberian pelatihan dan peningkatan kualitas kader posyandu, kami berharap posyandu di Indonesia dapat semakin maju dan mandiri," pungkasnya.

Sebelumnya, Posyandu Fair 2017 yang dilakukan di Jakarta Selatan telag mendapatkan nama pemenang Posyandu terbaik. Adapun posyandu tersebut adalah Posyandu Belimbing dan Posyandu Kangkung, Kelurahan Pondok Pinang. Disusul Posyandu Cempaka dari Kelurahan Tanjung Duren Selatan.

Sementara kategori juara harapan 1 hingga 3 berturut-turut yaitu Posyandu Bayam 2 di Pondok Pinang, serta Posyandu Delima 2 dan Posyandu Mawar 3 di Tanjung Duren Selatan. Lalu Kader Posyandu terbaik dimenangkan oleh Kurniasih, pengurus Posyandu Cempaka di Tanjung Duren. (up/up)