Jumat, 17 Nov 2017 09:12 WIB

Seperti Apa Porsi Makan Ideal Menurut dr Reisa?

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
dr Reisa (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) dr Reisa (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Jakarta - Pola makan yang baik memberikan dampak yang baik pula bagi kesehatan. Terkait porsi makan, ada banyak panduan yang bisa diikuti.

Salah satunya disampaikan oleh dr Reisa Broto Asmoro. Pembawa acara Dr Oz Indonesia ini punya resep tersendiri untuk mengatur pola makannya.

"Makan 3 kali sehari dengan porsi seimbang. Makanan yang aku konsumsi dikelola lebih sehat. Contohnya saya suka karbohidrat seperti nasi merah, karena mendapatkan keuntungan lebih dari seratnya," kata dr Reisa.

Baca juga: Saran dr Reisa Buat Kamu yang Nggak Mau Bayar Mahal untuk Olahraga

Anjuran lebih detail disampaikan oleh dr Ulul Albab SpOG, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Menurutnya, komposisi makan ideal bisa dibuat dengan mengikuti perbandingan tertentu.

"Porsi ideal 1 kali yaitu makan 20 persen lauk pauk, 20 persen buah-buahan, 30 persen sayuran, 30 persen makanan pokok," kata dr. Ulul Albab SpOG, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Sementara itu, Kementerian Kesehatan menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 300-400 gram untuk anak balita, 400-600 gram untuk remaja dan dewasa setiap hari.

Baca juga: Tips Memilih Baju Olahraga Ala dr Reisa

(up/up)