Kamis, 23 Nov 2017 19:34 WIB

Tak Harus Kangen Water, Dokter Lebih Sarankan Minum Air Putih

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Daripada konsumsi Kangen Water, dokter sarankan lebih baik air putih. Foto: Getty Images
Jakarta - Manfaat Kangen Water dan air alkali lainnya dengan pH tinggi disebut dokter tidak berbeda dengan air putih ketika sudah masuk ke dalam perut. Karena itu, mengonsumsi air putih lebih baik.

"Menurut saya sebaik-baiknya minuman yang benar ya air putih saja. Kalau mau gaya hidup sehat ya minum air putih, cukupi kebutuhannya 8 sampai 10 gelas per hari," tutur Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, kepada detikHealth.

Baca juga: Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi

Menurut dr Ari, hingga saat ini belum ada satupun obat maupun alat kesehatan yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Penyakit lebih baik dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat, di antaranya olahraga teratur, makan dengan gizi seimbang dan mencukupi kebutuhan air.

Ia juga meminta masyarakat untuk lebih kritis bila melihat ada iklan produk kesehatan yang mengklaim bisa menyembuhkan segala penyakit. Apalagi jika produk tersebut belum memiliki izin resmi, atau belum jelas manfaat dan keamanannya.

"Menyikapi produk itu harus dilihat jelas, apakah berbahaya, kalau nggak berbahaya dilihat lagi, apakah bermanfaat atau tidak, harganya bagaimana. Jangan sampai ada produk yang klaim bisa sembuhkan segala macam malah membuatnya menyampingkan obat-obat yang harusnya dia konsumsi," ujarnya lagi.

Secara terpisah, Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics, menjelaskan bahwa air alkali atau air yang bersifat basa tidak mempunyai kelebihan khusus jika disandingkan dengan air putih biasa.

Victoria beranggapan, yang membuat air alkali terkesan menyehatkan adalah karena kebiasaan orang yang mendadak jadi doyan minum. Apalagi, ditambah dengan anggapan-anggapan yang muncul di tengah masyarakat bahwa air yang bersifat basa punya manfaat lebih seperti detoksifikasi.

"Yang terjadi adalah saat orang membeli alkali water, mereka jadi minum air lebih banyak sehingga cukup hidrasi (yang biasanya mungkin kurang). Efek cukup hidrasi ini bisa dicapai dengan air biasa," pungkasnya.

Baca juga: Komentari Kangen Water, Kepala BBPOM DKI Jakarta: Infonya Menyesatkan

(mrs/up)