Jumat, 24 Nov 2017 11:04 WIB

Calon Tentara Ini Meninggal, Jantung dan Organ Tubuh Lainnya Hilang

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Phakhapong Tanyakan (Foto: BBC)
Jakarta - Seorang calon tentara di Thailand meninggal Oktober silam, konon terkena serangan jantung. Namun saat diautopsi, beberapa organ tubuhnya termasuk jantung dan otak tidak ditemukan.

Calon prajurit bernama Phakhapong Tanyakan ini meninggal pada 17 Oktober lalu. Keluarga mendapat informasi bahwa yang bersangkutan mengalami cardiac arrest atau serangan jantung.

Keluarga tidak langsung percaya dengan keterangan resmi tersebut karena Phakhapong pernah menceritakan 'brutalnya' latihan yang ia jalani. Pernah ia dihukum berdiri dengan kepala di bawah.

Curiga ada sebab lain, keluarga melakukan autopsi di klinik swasta. Hasilnya, ditemukan ada beberapa lebam, tulang iga yang remuk, dan beberapa organ termasuk jantung, otak dan lambung, tidak ada pada tempatnya.

"Ini tidak bisa diungkap dengan kata-kata," kata ayah Phakhapong, dikutip dari BBC, Jumat (24/11/2017).

Baca juga: Ilmuwan Temukan Bukti Masih Ada 'Kehidupan' Setelah Mati

Dalam sebuah konferensi pers, pihak militer menegaskan calon tentara tahun pertama tersebut meninggal karena gagal jantung. Beberapa organ tubuhnya dikeluarkan untuk pemeriksaan lebih lanjut karena tidak ada tanda-tanda cedera.

Soal hukuman fisik yang 'brutal', tindakan disiplin telah dilakukan tetapi tidak berhubungan dengan kematian Phakhapong.

Baca juga: Foto Autopsi Mengerikan Tunjukkan Dampak Lemak Berlebih Pada Tubuh

(up/up)