Senin, 27 Nov 2017 13:29 WIB

Dokter Ini Sebut Kangen Water Bermanfaat, Walau Memang Bukan Obat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Masyarakat dibuat dilema dengan maraknya isu Kangen Water akhir-akhir ini. Kementerian Kesehatan RI pun telah melakukan pemeriksaan terhadap mesin purifikasi tersebut.

Menanggapi isu tersebut, dokter inspirator sehat alami, dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa mesin Kangen Water memroses air dengan proses elektrolisis, di mana air elektrolisis (Electrolyzed Reduced Water) yang dihasilkan mengandung dua karakteristik.

"Mesin elektrolisis yang mereka produksi ini menghasilkan air dengan dua karakteristik secara umum, yaitu bersifat alkali dan mengandung antioksidan," ujarnya kepada detikHealth, Senin (27/11/2017).

Baca juga: Kemenkes Angkat Bicara Soal Kangen Water

Ia menjelaskan bahwa air yang bersifat alkali dan antioksidan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dan itu terbukti di beberapa penelitian, seperti penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di Science Direct menunjukkan bahwa air hasil proses eletrolisis dapat mengurangi risiko diabetes.

Foto: Thinkstock


Meskipun terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan seseorang, dr Zaidul tidak mengatakannya sebagai suatu obat yang dapat menyehatkan atau menyembuhkan berbagai macam penyakit.

"Ini yang ditegur oleh Kemenkes, kok di brosur kayak gitu, saya juga mengatakan bahwa itu overclaim. Meskipun datanya itu ada, tapi kalau Kangen Water dikatakan obat, nggak bisa. Karena itu butuh penelitian-penelitian yang lain lagi," tutupnya.

Baca juga: Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi

(wdw/up)