Jumat, 01 Des 2017 14:10 WIB

Ingin Dapat Tempat Duduk di KRL, Pria Ini Pura-pura Kejang

Firdaus Anwar - detikHealth
Snag pria pura-pura terjatuh lalu kejang-kejang di tengah gerbong kereta. (Foto: LiveLeak)
Jakarta - Mendapatkan kursi kosong di transportasi umum saat jam sibuk memang bisa jadi perjuangan tersendiri. Nah satu orang pria tampaknya sangat ingin mendapat kursi di kereta rel listrik (KRL) sampai ia berpura-pura sakit.

Dalam sebuah video viral yang diunggah di LiveLeak pria tersebut terekam sedang kejang-kejang di lantai gerbong yang penuh. Orang-orang sekitar yang ketakutan langsung bangkit dari tempat duduk dan berlarian menjauhinya.

Baca juga: Lencana untuk Ibu Hamil Agar Mudah Dapat Tempat Duduk di Kereta

Setelah beberapa kursi kosong sang pria dengan santainya bangun dan tersenyum ke penumpang di sebelahnya yang terlihat masih kebingungan.

Diberi judul 'How to get a seat on a train in China' video tersebut telah ditonton lebih dari 70 ribu kali dalam waktu hanya kurang dari 20 jam. Banyak orang berkomentar memberi pujian kepada sang pria karena caranya yang dinilai kreatif, namun ada juga beberapa yang mengkritiknya karena dianggap tidak sensitif terhadap orang dengan penyakit serupa.

Orang dengan epilepsi misalnya memang dapat mengalami serangan kejang mendadak.

Hal lain yang dikomentari warganet adalah bagaimana reaksi orang di sana ketika ada yang terjatuh dan kejang-kejang. Meski memang pada kasus ini adalah tipuan saja, tapi kenyataan bahwa tidak ada satu orang pun yang datang menolong jadi hal memprihatinkan tersendiri.

"Lihat bagaimana orang-orang berlarian, bukannya menolong dia," kata seorang pengguna bernama Ultraboy.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Saat Pasien Epilepsi Kejang-kejang (fds/fds)