Kamis, 07 Des 2017 10:20 WIB

Perlu Dicoba, 6 Aktivitas Fisik Ini Bisa Tingkatkan IQ Anda

Suherni Sulaeman - detikHealth
Aktivitas fisik atau olahraga selain menyehatkan tubuh juga ditengarai bisa meningkatkan kecerdasan otak/Foto: Thinkstock
Jakarta - Rutin olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tapi rupanya, selain menyehatkan tubuh, olahraga juga ditengarai dapat meningkatkan kecerdasan otak. Demikian juga dikatakan oleh sebuah studi dari University of Georgia.

Studi tersebut mengatakan bahwa, meluangkan waktu selama 20 menit bisa meningkatkan kemampuan untuk memproses informasi dan meningkatkan fungsi memori di otak. Karena itu, cobalah beberapa aktivitas fisik ini yang telah detikHealth rangkum dari berbagai sumber. Apa saja itu?

Baca juga: Ingin Lebih Pintar? Ini 5 Langkah Meningkatkan IQ Bagi Orang Dewasa

1. Jumping jack

Bila merasa lelah secara mental, Anda bisa melakukan beberapa gerakan jumping jack untuk me-reboot otak Anda dan membuat Anda merasa lebih segar.

2. Berjalan

Berjalan disebut bisa membantu Anda berkonsentrasi, 'membersihkan' kepala dan mendorong pemikiran yang kreatif. Selain itu bisa juga memiliki efek positif pada kekuatan otak.

3. Yoga

Periset telah menunjukkan bahwa yoga selama delapan minggu dapat menghasilkan konsentrasi yang lebih baik. Pose yoga terbalik juga meningkatkan aliran darah ke otak.

4. Lari

Berlari dapat menumbuhkan sel otak lebih banyak. selain itu lari juga dapat meningkatkan aliran darah dan memberikan lebih banyak nutrisi dan oksigen ke otak.

5. Berjalan tanpa alas kaki

Berjalan dengan telanjang kaki merangsang bagian otak untuk mengumpulkan dan menafsirkan informasi.

6. Golf

Bermain golf atau permainan lainnya yang berkenaan dengan bola merangsang fungsi pelacakan otak.

Baca juga: Lebih Banyak Waktu di Sekolah Dapat Tingkatkan IQ (hrn/up)