Jumat, 08 Des 2017 11:42 WIB

Lalat Mudah Sebarkan Bakteri, Hindari Makanan yang Sudah Dihinggapinya

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Lalat hinggap di makanan. Foto: iStock
Jakarta - Terkadang pada saat kita membeli makanan, kita menemukan makanan tersebut dihinggapi lalat. hati-hati ada risiko dampak buruk jika kita memakannya.

Pada saat membeli makanan pasti kamu pernah melihat bahwa ada makanan yang dihinggapi lalat sebelum penjual membungkusnya kepadamu, nah pasti kamu tahu kan makanan yang dihinggapi lalat tak baik untuk dimakan.

Penelitian terbaru menemukan bahwa lalat kemungkinan besar membawa lebih banyak bakteri penyebab penyakit berbahaya daripada yang kita bayangkan.

Peneliti asal Pennsylvania State University, Singapore's Nanyang Technological University dan Federal University of Rio de Janeiro mempelajari mikrobiologi pada 116 rumah dan lalat di seluruh dunia.

Baca juga : Ada Lalat Berarti Makanan Tak Mengandung Formalin? Belum Tentu

Dilansir dari New York Times, penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports ini menemukan bahwa lalat biasa membawa ratusan bakteri berbeda di kaki dan sayapnya. Bakteri-bakteri ini datang dari berbagai tempat kotor dan jorok, serta dengan mudah bisa berpindah di tempat lalat hinggap termasuk pada makanan.

"Kaki-kaki dan sayap mereka memiliki banyak sekali macam bakteri yang bisa dengan mudah menyebar di makanan dan masuk ke tubuh saat kamu makan," ungkap salah satu peneliti, Stephan Schuster.

Bahkan jika kamu menghangatkan makanan itu kembali, ada kemungkinan beberapa bakteri masih hidup. Itulah mengapa, daripada mengambil risiko yang sudah jelas, lebih baik menghindari makanan yang sudah dihinggapi lalat atau menghindari makanan yang dijual di warung dalam keadaan terbuka.

Baca juga : Bukan Hanya Lewat Lalat, Kuman Diare Juga Bisa Menyerang Lewat Alat Makan

(Azmy Cahya Ramadhaniar/fds)