Senin, 11 Des 2017 15:51 WIB

Survei: 34 Persen Orang Indonesia Pilih Nonton TV Saat Stres

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ada sejumlah hal yang mengakibatkan penduduk Indonesia mengalami stres, salah satunya masalah keuangan yang mencapai 54 persen. Ini terungkap dalam survei Healthy Living Index 2016 yang dilakukan AIA.

Namun, tahukah Anda apa yang menjadi alternatif mayoritas penduduk Indonesia untuk mengatasi stres? Ternyata menonton televisi mencapai pilihan tertinggi.

"Sebanyak 34 persen orang dewasa di Indonesia menonton TV untuk mengatasi stres. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata regional (15 negara Asia Pasifik di antaranya India, China, dan Sri Lanka) yang hanya 15 persen," ujar Kathryn Monika Parapak, Head of Brand and Communication AIA.

Baca juga: Nge-Gym Jadi Cara Khloe Kardashian Redakan Cemas dan Gelisah

Sedangkan menurut dr Diana F Suganda MKes, SpGK, pilihan terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan berolahraga. Sebab, olahraga tak hanya menyehatkan tubuh, tapi memberikan efek yang menyenangkan pula.

"Saat berolahraga itu kita kan mengeluarkan endorfin yang efeknya itu seperti morfin, menenangkan, membuat orang lebih happy juga lho. Karena lebih tenang, kita jadi lebih siap untuk menghadapi masalah tersebut," tuturnya ketika ditemui detikHealth, Senin (11/12/2017), di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Akan tetapi, faktanya, hanya sekitar 6 persen orang di Indonesia yang memilih olahraga sebagai pelariannya. Angka ini bahkan lebih kecil dibandingkan pilihan lainnya seperti bermain game yang mencapai 10 persen, atau bersosialisasi dengan teman-teman dengan perolehan suara 8 persen.

Hmm kalau Anda, aktivitas apa yang akan Anda lakukan ketika dilanda stres? Bagikan pendapat dan alasan Anda di kolom komentar ya.

Baca juga: Gaharnya Para Seleb Cantik yang Memilih Boxing untuk Usir Stres

(ask/up)