Rabu, 13 Des 2017 12:15 WIB

Saran Dokter Gizi Bagi yang Anggap Kim Kardashian Sebagai Body Goals

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kim Kardashian boleh saja dijadikan inspirasi, tapi faktor genetik tetap memengaruhi. Foto: Dok. Yeezy Season 6 Kim Kardashian boleh saja dijadikan inspirasi, tapi faktor genetik tetap memengaruhi. Foto: Dok. Yeezy Season 6
Jakarta - Siapa saja pasti setuju bahwa banyak sekali artis luar negeri yang punya badan seksi dan masuk kategori body goals seperti salah satunya Kim Kardashian. Sah-sah saja menjadikan Kim Kardashian atau Kendall Jenner sebagai inspirasi, namun untuk menjadikan mereka sebagai body goals Anda nampaknya bukanlah hal yang tepat.

Dijelaskan oleh dr Diana F Suganda MKes, SpGK saat ditemui detikHealth beberapa waktu lalu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kita harus menyadari adanya perbedaan yang membuat kita sedikit berbeda dengan orang-orang kaukasian (orang daratan Eropa).

"Kita harus sadar diri kita bukan orang bule, genetiknya saja sudah beda. Mereka yang saya maksud yang kaukasian ya, itu mereka mostly lebih gampang membentuk ototnya, jadi anak SMP-SMA saja dengan melakukan gymnastik di sekolah, tanpa olahraga beban pun badannya sudah pada jadi. Kita enggak bisa patokannya body goals-nya Kim Kardashian atau Paris Hilton. Goalsnya beda," jelasnya.

Baca juga: Foto: Tak Selamanya Body Goals di Instagram Seindah Kenyataan

Selain itu, dokter yang kerap menjadi pembicara soal nutrisi ini menjelaskan perbedaan lainnya. Perbedaan itu dilihat dari standar angka obesitas yang digunakan dari orang Indonesia dan orang barat.

"Body Mass Index (BMI) di WHO (Badan Kesehatan Dunia) yang western pun kita beda. Kalau di sini untuk disebut obesitas kita masuk BMI di angka 27, kalau di luar di angka 30. Kalau kita pakai patokan tersebut tidak bisa, karena tinggi kita lebih pendek. Di sini 30 saja udah obesitas strip 2," ujar dr Diana.

Baca juga: Soal Body Goals Vs Kenyataan, Ini Pengakuan Para Seleb Instagram

Karena itulah dr Diana berpesan bahwa pola pandang masyarakat Indonesia terkhusus anak-anak harus bisa diubah. Menjadikan para selebriti seperti Kim Kardashian untuk memotivasi Anda berolahraga sah-sah saja, akan tetapi jangan sampai membuat Anda terobsesi mendapatkan bentuk badan yang sama.

"Anak-anak harus diubah mind setnya. Paling tidak kamu harus jadi lebih aktif bergerak dan punya komposisi badan yang sesuai dengan BMI ideal,"

Baca juga: Sederet Artis yang Juga Jadi Body Goals karena Rajin Squats

(ask/up)
News Feed