Rabu, 13 Des 2017 17:37 WIB

Alasan Kenapa Sakit Flu Pria Bisa Lebih Parah Dibanding Wanita

Firdaus Anwar - detikHealth
Kalau para suami terlihat menderita karena flunya, bisa jadi itu bukan hal yang dibuat-buat. (Foto: Getty Images) Kalau para suami terlihat menderita karena flunya, bisa jadi itu bukan hal yang dibuat-buat. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Masuk musim hujan penyakit seperti pilek dan flu bisa jadi lebih mudah menyerang. Terkait hal tersebut, bila seseorang jeli memperhatikan ada fenomena di mana biasanya para pria mengalami gejala sakit flu yang lebih parah dibanding wanita.

Disebut sebagai "man flu", studi telah mengkonfirmasi hal ini dan menemukan bukti apa yang bisa jadi penyebabnya. Dipublikasi dalam jurnal The BMJ, peneliti menyebut bahwa kemungkinan hormon bermain peran memengaruhi sistem imun.

Baca juga: Ini Sebabnya di Musim Hujan Mandi Air Dingin Lebih Dianjurkan

dr Kyle Sue menganalisa beberapa studi yang melibatkan hewan dan manusia, dan menemukan bahwa hormon seksual pria (testosteron) bisa menghalangi kerja sistem imun. Sementara itu hormon seks wanita dapat membantu kerja sistem imun.

"Hasil studi-studi ini menunjuk ke arah bahwa memang pria memiliki respons sistem imun yang lebih lemah dari wanita dalam kaitannya dengan infeksi virus saluran napas seperti flu," kata dr Kyle seperti dikutip dari Fox News, Rabu (13/12/2017).

"Hal ini bisa dilihat dari fakta bahwa para pria memiliki gejala flu yang lebih parah, lebih lama, lebih mungkin untuk dirawat di rumah sakit, dan meninggal karenanya," lanjut dr Kyle.

Hanya saja diakui oleh dr Kyle bahwa studinya masih memiliki batasan. Satu hal yang tidak diperhitungkan adalah faktor gaya hidup seperti kebiasaan merokok atau rajinnya kunjungan ke dokter.

Bisa saja pria lebih rentan karena memang rata-rata gaya hidupnya lebih buruk dibandingkan wanita.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kondisi Tubuh di Musim Hujan (fds/up)