Jumat, 15 Des 2017 19:04 WIB

Lady Rocker Tantri Kotak Bagi-bagi Tips Hilangkan Suara Serak

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Gus Mun/detikHOT Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta - Tantri Kotak terkenal dengan kemampuannya menyanyikan nada-nada tinggi. Aliran rock yang ia bawakan bersama group band Kotak pun membuatnya juga mau tak mau harus berjaga-jaga agar terhindar dari suara serak.

Ditemui detikHealth di sela persiapan HUT Transmedia ke-16, Jumat (15/12/2017), Tantri menceritakan bahwa ia masih mempercayakan obat-obat herbal untuk menjaga kesehatan pita suaranya.

"Kalau herbal kan lebih baik kan, cuma dilihat kondisinya. Herbal itu proses penyembuhannya lebih lama, butuh proses," jelas Tantri.

Baca juga: Lagu Coldplay Apa yang Paling Dinanti Oleh Personel Kotak?

Namun Tantri tetap menyukai jamu seperti kencur yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitan yang dilakukan oleh klinisi sekaligus guru besar Universitas Hasanuddin Makassar, Prof DR Dr Nurpudji A. Taslim, MPH, SpGK (K), kencur yang diekstraksi bisa menurunkan risiko radang sendi atau osteoarthritis.

Ini disebabkan cara kerja kencur yang dinilai sama fungsinya dengan obat non steroid seperti meloxicam, yakni sebagai anti inflamasi, analgesik dan antipiretik. Kencur juga memiliki dua komponen utama yang paling aktif yaitu etil sinnamat dan metil p-metoksi sinamat (EPMS).

Tapi kembali lagi, karena jadwalnya yang padat, Tantri tak segan untuk meminta bantuan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan pita suaranya.

"Aku kan dulu suka minum kencur, cuma nggak bisa langsung jebret langsung kembali normal, tapi kalau misalnya besok aku manggung terus besoknya lagi manggung, mau nggak mau harus ke dokter," tandasnya.

Baca juga: Sibuk Kerja, Cella 'Kotak' Belum Sempat Bulan Madu

(ask/up)