ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Des 2017 15:03 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Digigit King Cobra Seperti ABG Syahril

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Syahril tewas karena digigit ular king kobra peliharaannya. Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Syahril Sultan Nasir (14), ABG asal Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tewas karena dipatuk ular King Cobra yang ia peliharaan sendiri. Seperti diketahui, king cobra adalah salah satu jenis hewan yang mempunyai bisa mematikan.

Belajar dari kasus ABG Syahril, dikutip dari website University of California San Diego (toxicology.ucsd.edu), sesudah memastikan ular di tempat yang aman serta memanggil bantuan, lakukan hal-hal berikut:

1. Jangan buat korban semakin panik

Jaga agar korban tetap tenang dan biarkan dia berbaring dan pastikan gerakan seminim mungkin. Jika memungkinkan, posisikan anggota badan yang tergigit lebih rendah dari area dada korban.

Baca juga: Viral, ABG di Bandung Tewas Dipatuk Ular King Kobra Peliharaannya

2. Perban area yang tergigit

Segera perban di sekitar anggota badan yang digigit dengan ukuran perban yang lebar dan panjang. Perban harus dilakukan seketat mungkin dan harus higienis.

3. Jangan banyak bergerak

Pastikan anggota badan yang telah diperban ini tidak bergerak. Hindari membungkuk atau menggerakkan anggota badan secara berlebihan saat membalutnya dengan perban.

4. Jangan dilepas

Jangan lepaskan perban sampai korban sampai di rumah sakit dan menerima Antivenom. Antivenom yang digunakan biasanya adalah 'tiger snake'.

Baca juga: Viral, ABG di Bandung Tewas Dipatuk Ular King Kobra Peliharaannya

(ask/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT