Senin, 18 Des 2017 08:37 WIB

Mau Mengikuti Tren Olahraga yang Lagi Ngehits? Kenali Kemampuan Sendiri

Hanna Pratiwi - detikHealth
Ikut-ikutan tren olahraga tanpa mengetahui kemampuan diri sendiri justru bisa merugikan kesehatan. Foto: Thinkstock Ikut-ikutan tren olahraga tanpa mengetahui kemampuan diri sendiri justru bisa merugikan kesehatan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak orang mengikuti tren olahraga yang sedang hits hanya karena ingin dibilang kekinian. Tanpa memperhatikan kemampuan diri sendiri, dampaknya malah bisa merugikan kesehatan.

Mengikuti tren olahraga tentu bolah-boleh saja, dan pasti menyehatkan asal sesuai dengan kemampuan tubuh. Jika tidak, bukan bugar yang didapat tapi malah risiko cedera dan dampak buruk lainnya.

Pakar kesehatan olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Wishnu Hidayat,SpKO mengingatkan bahwa sekadar ikut-ikutan tren olahraga tidak selamanya berdampak baik. Perlu diingat juga bahwa usia merupakan faktor yang menentukan jenis olahraga seseorang.

"Semakin tua seseorang pilihan olahraga pun menjadi terbatas, belum lagi jika ada masalah obesitas dan gangguan metabolik," jelas dr Wishnu kepada detikHealth saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (17/12/2017).

Baca juga: Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Ikut-ikutan Tren Olahraga Lari

Ketidaktahuan tentang kondisi tubuh sendiri akan menimbulkan efek samping. Sementara itu kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya cek kesehatan masih kurang. Itu juga yang menyebabkan cedera saat olahraga banyak terjadi.

"Cek kesehatan tubuh sendiri menurut masyarakat Indonesia dirasa masih kurang penting, padahal itu investasi sehat lho," ujar dokter yang akrab disapa dr Wishnu ini.

Maka tak jarang, kita melihat sekitar kalau sedang olahraga tiba-tiba cedera atau bahkan sampai memicu kematian mendadak. Dokter Wishnu pun mengajak masyarakat untuk peduli kesehatan tubuhnya dengan cara memeriksakan dirinya sebelum berolahraga.

Baca juga: Pesan Meriam Bellina agar Terhindar dari Penyakit Jantung



(up/up)
News Feed