Sekilas tentang Sewa Rahim yang Disinggung-singgung Jeremy Teti

ADVERTISEMENT

Sekilas tentang Sewa Rahim yang Disinggung-singgung Jeremy Teti

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 27 Des 2017 13:45 WIB
Jeremy Teti menghebohkan jagat maya sejak membahas sewa rahim sebagai pilihan untuk pasangan sejenis memperoleh keturunan. Ini penjelasan mengenai sewa rahim. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Nama Jeremy Teti mendadak ramai diperbincangkan usai menjadi bintang tamu dalam acara 'Debat' TV One episode yang membahas pernikahan sejenis baru-baru ini. Jeremy pun juga mengutarakan bahwa pernikahan sejenis juga bisa dapat keturunan selain dengan cara adopsi yakni dengan cara menyewa rahim.

"Siapa bilang pasangan sejenis nggak bisa dapat keturunan? Di luar ada nyewa rahim," ungkap Jeremy Teti seperti yang dikutip dari detikHot.

Secara sederhana, sewa rahim atau biasa disebut juga ibu pengganti (surrogate mother) adalah praktik di mana pasangan menggunakan rahim wanita lain untuk mengandung anak. Wanita yang digunakan rahimnya akan dibayar sesuai kesepakatan oleh pasangan penyewa.

Sudah cukup banyak kalangan yang menggunakan jasa ibu pengganti, seperti di antaranya Kim Kardashian. Pasangan Kim Kardashian dan Kanye West menggunakan jasa ini untuk anak ketiga mereka dikarenakan Kim mengalami placenta accreta, yaitu kondisi yang membuat plasenta sulit terlepas dari rahim saat persalinan, sehingga berisiko tinggi mengalami perdarahan hebat.

Baca juga: Jeremy Teti: Siapa Bilang Pasangan Sejenis Nggak Bisa Dapat Keturunan?

Akan tetapi, sewa rahim juga lazim dilakukan pasangan homoseksual. Pasangan homoseksual pria bisa menggunakan sel telur dari donor dan menyewa rahim untuk memiliki anak seperti pada pasangan heteroseksual pada umumnya. Seperti misalnya yang dilakukan oleh Elthon John dan suaminya David Furnish. Kedua anak laki-lakinya didapatkan dari seorang ibu pengganti.

Pasangan tersebut disebut membayar sebesar 17,340 poundsterling atau setara dengan lebih dari Rp 314 juta untuk melahirkan anak pertama mereka pada tahun 2010, demikian dikutip dari Daily Mail.

Baca juga: Anak Kembar Cristiano Ronaldo Dikabarkan Lahir Dari Ibu Pengganti, Apa Itu?

(ask/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT