Jumat, 29 Des 2017 08:37 WIB

Tips Sehat Akhir Tahun

Liburan ke Luar Kota dengan Berkendara? Jangan Lupa Istirahat Tiap 4 Jam

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Lelah jadi faktor utama penyebab kecelekaan di jalan. (Foto: Ilustrasi)
Jakarta - Momen libur panjang Natal dan Tahun Baru dimanfaatkan masyarakat untuk pergi liburan. Bagi Anda yang pergi ke luar kota dan menggunakan kendaraan pribadi, Kementerian Kesehatan mengingatkan untuk selalu istirahat tiap 4 jam.

drg Oscar Primadi, MPH, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes, mengatakan menjaga kesehatan pengemudi saat berkendara penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Karena itu pengemudi diminta untuk tidak memaksakan diri jika merasa lelah.

"Untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama melakukan perjalanan jauh, masyarakat diimbau untuk istirahat setiap 4 jam. Imbauan ini juga berlaku untuk pengemudi," tulisnya dalam siaran pers yang diterima detikHealth.

Baca juga: Trik Mencegah Kalap Makanan Manis di Musim Liburan

"Cari tempat istirahat atau rest area, dan usahakan mengambil beberapa waktu untuk istirahat/tidur (minimal 15-30 menit). Jangan lupa selalu menjaga kebersihan," tambahnya lagi.

Nah, bagi pengemudi maupun penumpang kendaraan yang mengalami masalah kesehatan saat berkendara, Kemenkes juga menyediakan fasilitas kesehatan di sepanjang jalur perjalanan. Ada 3.854 fasilitas kesehatan yang disiagakan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru kali ini.

Fasilitas kesehatan tersebut berupa 2.228 Puskesmas, 374 Rumah Sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 132 Public Safety Center (PSC), dan 913 Pos Kesehatan. Pos kesehatan sendiri telah dipersiapkan mulai dari tanggal 22 Desember 2017 – 2 Januari 2018 dan disediakan mulai dari rest area, terminal, pelabuhan laut dan juga Bandara.

Secara bersamaan Kemenkes telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja dan juga Dinas Kesehatan setempat, terkait kesiapan fasilitas kesehatan tersebut.

"Pos kesehatan ini sifatnya tidak permanen, hanya untuk pertolongan pertama saja. Ketika pada saat di Pos Kesehatan terdapat pemudik yang memerlukan pertolongan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut terdekat," tutupnya.

Baca juga: Berbagai Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Liburan

(mrs/up)