Sabtu, 30 Des 2017 12:15 WIB

Tips Sehat Akhir Tahun

Mengisi Liburan dengan Olahraga, Begini Triknya Agar Tidak Membosankan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Anda mungkin bisa saja mencoba mengisi liburan akhir tahun bareng keluarga atau teman-teman dengan berolahraga. Foto: (Afif/detikTravel)
Jakarta - Anda mungkin bisa saja mencoba mengisi liburan akhir tahun bareng keluarga atau teman-teman dengan berolahraga. Namun bisakah dilakukan bersama?

Spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, menyebut bahwa memanfaatkan liburan dengan berolahraga bersama orang lain adalah hal yang positif, namun ada juga hal negatif.

Positifnya adalah ketika partner liburan sama-sama memiliki level kemampuan atau level kebugaran yang sama dan tujuan yang sama.

"Katakanlah ada dua orang yang ingin bepergian liburan bersama dan sudah menentukan jalur-jalur atau rute-rutenya sehingga dari hotel kita akan berangkat menggunakan kereta cepat sampai tujuan kita naik ke gunung. Katakanlah ke gunung Fuji kemudian kita turun lagi lalu berangkat lagi menuju kota yang berbeda dan itu akan membuat perjalanan menjadi tidak membosankan," kata dr Michael kepada detikHealth.

Baca juga: Ini Keuntungan Memaksimalkan Liburan dengan Berolahraga

Sementara dari sisi negatifnya, imbuh dr Michael adalah ketika partner liburan memilih untuk tidak kemana-mana alias tetap tinggal di hotel ataupun sekedar berbelanja di pusat belanjaan.

Nah, beda halnya ketika pergi berlibur bersama keluarga atau anak. Bila berlibur dengan anak-anak, itu tentunya jauh lebih mudah sebab anak-anak belum mampu berjalan sekuat orang dewasa sehingga dapat digendong.

"Bilamana dengan orang tua yang mempunyai kemampuan berjalannya sudah agak berkurang tentunya dapat kita 'titipkan', misalnya di restoran sehingga orang tua dapat menikmati minuman ataupun makanan. Pada saat itu kita dapat berjalan di sekeliling tempat yang kita inginkan untuk traveling atau foto sekalian untuk berolahraga," tutur dr Michael.

Lebih menguntungkan lagi bila hanya bersama pasangan, istri ataupun suami. Olahraga yang bisa dilakukan adalah peregangan secara berpasangan ataupun melakukan senam untuk meningkatkan kekuatan otot secara berpasangan.

"Hal ini tentunya akan sangat baik untuk menunjang perjalanan berikutnya karena otot-otot yang kaku dapat diregang, otot-otot yang lemah dapat saling dikuatkan secara berpasangan," ucap dr Michael.

"Selain itu sebagai pasangan suami istri tentunya dapat meningkatkan keharmonisan dalam perjalanan tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Berbagai Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Liburan (hrn/up)