Sabtu, 30 Des 2017 19:05 WIB

Ingin Rayakan Tahun Baru dengan Terompet? Begini Caranya Antisipasi Difteri

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: Suherni/detikHealth Foto: Suherni/detikHealth
Jakarta - "Nitip pesan, tlg di ingatkan para ortu murid ada tdk sembarangan beli terompet mengingat sdg ada wabah difteri yg penularannya lewat percikan ludah."

Beredarnya pesan berantai tentang bahaya penularan difteri melalui terompet tahun baru tersebut tak pelak membuat masyarakat harap-harap cemas. Padahal tak lengkap rasanya merayakan pesta tahun baru tanpa terompet.

Apalagi menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, secara teori, difteri memang bisa menular lewat percikan air laut yang menempel di bagian dalam terompet.

"Secara teori tiup terompet percikannya menempel di terompet. Kalau anak-anak kan menghirup terompetnya. Secara teori bisa menular," ujarnya beberapa waktu lalu.

Tetapi sebenarnya ini bukan semata salah terompetnya. Toh ada cara yang lebih ampuh untuk mengantisipasi penyebaran difteri dan pesta tahun baru tetap berjalan lancar. Berikut paparannya seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, Sabtu (30/12/2017).

Baca juga: Difteri Paling Mudah Menular Lewat Bersin (lll/up)
News Feed