Jumat, 05 Jan 2018 08:05 WIB

Kapan Waktu Ideal Mengganti Spons di Dapur?

Hanna Pratiwi - detikHealth
Saat mencuci peralatan rumah tangga, sebagian orang masih menggunakan spons. Tidak hanya untuk mencuci, spons kerap kali digunakan untuk menyeka meja dapur. Foto: Thinkstock
Jakarta - Rata-rata orang mengganti spons jika belum rusak parah, tidak ada penetapan waktu yang dijadwalkan untuk mengganti. Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Scientific Reports mungkin akan membuat kamu ingin mengubah kebiasaan dengan mengganti spons yang terlalu lama dipakai.

Tim peneliti dari Jerman menganalisis 14 spons daur ulang yang dikumpulkan dari spons rumah tangga di Jerman. Mereka menemukan bahwa spons tersebut menyimpan jumlah bakteri yang sangat tinggi.

Tadinya mungkin tidak tergubris sama sekali untuk rajin mengganti spons. Tetapi hasil dari studi tersebut menemukan bahwa hal terbaik yang dilakukan adalah mengganti spons seminggu sekali.

Baca juga: 5 Kebiasaan Jorok Ini yang Buat Kamu Gampang Sakit

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa spons dapur mengandung bakteri koliform dengan jumlah tertinggi dari yang ditemukan pada kotoran manusia dan hewan. Hal ini juga menunjukkan bahwa spons mengandung bakteri patogen, jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti escherichia coli dan salmonella.

Sebenarnya dapur memiliki lebih banyak mikroba daripada toilet, terutama terletak pada sponsnya. "Spons adalah sumber terbesar bakteri aktif di seluruh rumah," tulis para penulis, seperti yang dikutip dari Health.

Pastinya kamu menginginkan dapur yang terhindar dari bakteri bukan? Yuk segera rutin ganti spons di dapur dengan waktu seminggu sekali.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga?

(up/up)