Jumat, 05 Jan 2018 14:35 WIB

4 Langkah Cegah Komplikasi Diabetes

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Dunia musik Indonesia berduka. Musisi legendaris Yon Koeswoyo meninggal karena komplikasi penyakit diabetes yang dideritanya. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Dunia musik Indonesia berduka. Musisi legendaris Yon Koeswoyo meninggal karena komplikasi penyakit diabetes yang dideritanya.

"Sakit tapi semangat. Riwayatnya beliau sudah dirawat, diabetes, komplikasi," ujar Garry Koeswoyo, dikutip dari detikHot.

Meski sempat dirawat, Yon Koeswoyo menghabiskan hari-hari terakhirnya di rumah bersama keluarga. Ia berpulang di usia 77 tahun, setelah 2 tahun terakhir bolak-balik ke rumah sakit.

Disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit, diabetes melitus atau kencing manis memang sangat mematikan. Komplikasi diabetes bisa menyerang berbagai organ tubuh, mulai dari mata, otak, ginjal hingga paru-paru dan kaki.

Padahal komplikasi diabetes bisa dicegah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 langkah pencegahan komplikasi diabetes:

Baca juga: Ragam Risiko Komplikasi Diabetes Seperti Yon Koeswoyo

1. Olahraga 30 menit tiap hari

Dengan aktif bergerak, pasien diabetes mampu mengurangi dampak buruk kerusakan yang terjadi pada pankreas, sehingga insulin bisa diproduksi normal.

2. Patuh minum obat

Kepatuhan minum obat penting untuk membuat produksi insulin tubuh sesuai dengan kebutuhan, sekaligus mencegah gula darah tinggi mendadak.

3. Mengatur pola makan

Gula darah berasal dari makanan. Rumus pola makan sehat pasien diabetes adalah jumlah kalori dibatasi dengan perbandingan 25 kalori x berat badan untuk wanita dan 30 kalori x berat badan untuk laki-laki.

4. Pemeriksaan gula darah mandiri

Pemeriksaan gula darah mandiri secara berkala membantu pasien mengetahui kondisi gula darahnya. Lakukan pemeriksaan gula darah secara mandiri setelah puasa 12 jam.

Baca juga: Serba-serbi Penyakit Liver Seperti Dialami Yon Koeswoyo (mrs/up)