Senin, 08 Jan 2018 17:35 WIB

Bercerai Meski Kerap Terlihat Mesra, Begini Pandangan Psikolog

Hanna Pratiwi - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Surat gugatan cerai oleh Basuki T Purnama alias Ahok kepada Veronica Tan, istrinya, membuat kaget dan memunculkan sederet pertanyaan dari para penggemarnya. Selama ini, keduanya dianggap sangat kompak dan kerap saling melontarkan pujian di media sosial.

Netizen pun banyak yang terpancing untuk memberikan komentarnya terkait masalah tersebut. Salah satunya Maya (24), seorang karyawati di Jakarta yang mengaku sedih mendengar kabar mengejutkan ini.

"Aku kaget banget, apalagi mereka sudah menikah 20 tahun, baper, sedih, kecewa, terpoteque langsung hatikuh," kata Maya.

Kepada detikHealth, psikolog perkawinan dan keluarga, Wulan Ayu Ramadhani, M.PSi menjelaskan bahwa pasangan yang terlihat mesra di depan umum belum tentu bebas dari permasalahan rumah tangga.

"Bisa saja yang terlihat di depan kita mesra, pas sedang bertengkarnya kita tidak lihat," ujar Wulan, Senin (8/1/2017).

"atau memang mereka tipe orang yang memiliki nilai hidup bahwa permasalahan keluarga sebaiknya diselesaikan di dalam keluarga, sehingga orang yang tidak dekat dengan mereka kemungkinan besar tidak mengetahui kalau mereka punya masalah," lanjutnya.

Baca juga: Dampak Psikologis Perceraian Saat Anak Sudah Menginjak Dewasa

Ketika ada masalah dalam rumah tangga, perceraian bukanlah keputusan yang langsung dibuat begitu mudahnya. Pastinya ada pertimbangan matang yang telah dibuat hingga memutuskan untuk bercerai yang beolum tentu bisa diketahui atau dipahami oleh orang lain.

"Pasti ada suatu masalah yang sudah mencoba untuk diselesaikan tapi tidak terselesaikan dengan baik, sehingga muncullah keputusan terakhir yaitu bercerai," tutup Wulan.



Baca juga: Riuh Netizen Komentari Gugat Cerai Ahok-Vero, Ini Saran Psikolog

(up/up)