Kamis, 11 Jan 2018 20:10 WIB

Masih Nggak Percaya Earphone Bisa Bikin Tuli? Simak Dulu Komentar Pakar

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Getaran suara dari earphone dapat mengganggu rambut halus di telinga. (Foto: thinkstock) Getaran suara dari earphone dapat mengganggu rambut halus di telinga. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Remaja cenderung larut dalam dunianya sendiri. Salah satu hal yang mereka tunjukkan untuk membuktikan itu adalah kesukaan mereka memakai earphone dalam berbagai kesempatan.

Padahal ada dampak yang tidak bisa disepelekan dari kebiasaan berlama-lama memakai earphone. Seperti halnya diungkapkan pakar audiologi dari AS, William Shapiro.

Dalam video yang diunggah Business Insider, Shapiro mengungkapkan generasi muda adalah mereka yang paling berisiko mengalami ketulian akibat earphone ini, yaitu tiap satu dari lima remaja.

Sayangnya masih banyak yang tidak percaya jika earphone bisa mengakibatkan ketulian. Ia kemudian menjelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.

Menurut staf pengajar di New York University Langone tersebut, di dalam masing-masing telinga terdapat sebuah struktur yang disebut koklea, fungsinya menerima suara dalam bentuk vibrasi atau getaran.

Koklea ini sendiri terdiri atas 15.000 sel rambut yang berperan penting dalam mendeteksi getaran suara. Namun sel-sel ini sangatlah halus dan rapuh.

"Makin dekat earphone ini dengan gendang telinga, makin tinggi tekanan suaranya. Inilah yang kemudian membuat sel-sel rambut pada koklea tadi 'stres' dan lama-lama bisa memicu kerusakan pada sel-sel itu," terangnya.

Persoalannya, sel-sel rambut ini tidak beregenerasi, sehingga bila terjadi kerusakan maka ini sifatnya permanen. "Padahal kebanyakan polusi suara itu berasal dari earphone," tambahnya

Baca juga: 5 Penyebab Seseorang Mengalami Ketulian dan Gangguan Pendengaran

Terkait penggunaan earphone yang aman, dr Damayanti Soetjipto, SpTHT-KL pernah membagikan rumus 60 per 60. Apa itu?

"Jadi volumenya maksimal 60 untuk kiri dan kanan. Dan ingat, batas maksimal mendengarkan musik lewat earphone itu satu jam per hari," tutur dr Dama kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Kedua, hindari penggunaan earphone untuk mendengarkan musik sebelum tidur. "Kalau tidur kan otak istirahat, tapi gendang telinga dan sel rambutnya terpapar suara keras terus-menerus dari earphone. Lama-lama nanti sel rambutnya bisa rontok dan akhirnya mengalami gangguan pendengaran," tandasnya.

Baca juga: Hati-hati, Pakai Earphone Bisa Dorong Kotoran Telinga Masuk ke Dalam (lll/up)
News Feed