Jumat, 12 Jan 2018 11:00 WIB

Generasi Micin! Boleh Kok Pakai MSG Asal Tahu Aturannya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
MSG boleh saja digunakan sebagai tambahan penyedap asal tau batasannya. Foto: iStock MSG boleh saja digunakan sebagai tambahan penyedap asal tau batasannya. Foto: iStock
Jakarta - Monosodium Glutamat (MSG) lazim ditambahkan dalam berbagai makanan, seperti baso, atau makanan-makanan khas China dan membuat makanan terasa makin enak. Dilihat dari proses pembuatannya, MSG dihasilkan dari proses fermentasi alami molases (dihasilkan salah satunya dari tebu), dan merupakan garam natrium dari asam glutamat.

Akan tetapi banyak yang masih beranggapan bahwa MSG adalah bahan berbahaya. Para ahli menungkapkan bahwa penggunaan MSG atau micin sebenarnya sah-sah saja asal sesuai dengan aturan yang ada.

Ditemui oleh detikHealth dalam acara Seminar Food Review Indonesia 'Science and Technology of Amino Acid As Food Ingredients', Kamis (11/1/2018), di IPB (Institut Pertahian Bogor) International Convention Center, Bogor, Prof Dr Ir Christofora Hanny Wijaya, MAgr membagikan pandangannya mengenai masalah kontroversi MSG.

"Banyak sekali permasalah penggunaan barang karena kurangnya konsentrasi. Di dunia juga disebutkan tidak ada yang aman, semua tergantung keperluan tergantung jumlah. Sekarang, siapa yang berani bilang gula aman? Tergantung siapa yang memakainya dan takarannya," ujar wanita yang akrab disapa Prof Hanny ini.

Baca juga: Penyedap Rasa MSG Bisa Bikin Badan Gemuk

Menurutnya lulusan dari IPB dan Hokkaido University ini, MSG selalu jadi masalah karena pemakaiannya yang berlebihan. Akan tetapi, uniknya di saat sedang boomingnya 'Chinese Restaurant Syndrome' Indonesia sendiri belum banyak yang tepapar masalah tersebut.

"Orang Indonesia jarang yang kena 'Chinese Restaurant Syndrome' karena MSG kenapa? Sebagian besar ibu-ibu Indonesia, menyadari atau tidak sudah melakukan program pemaparan glutamat sejak bayi, yaitu dari dari ASI," jelasnya.

Nah, untuk tetap berada di aturan yang semestinya tentang penggunaan MSG per harinya, sebaiknya jangan sampai melebihi batas aturan yang disarankan ya. Batas maksimal konsumsi MSG yang direkomendasikan WHO adalah 6 gram per hari. Sementara, Kemenkes RI merekomendasikan batas aman konsumsi MSG sebanyak 5 gram per hari.

Baca juga: Seberapa Aman MSG Dikonsumsi?

(ask/up)
News Feed