Jumat, 12 Jan 2018 14:32 WIB

Waspadai Kanker Mulut, Segera Periksa Bila Sariawan Tak Kunjung Sembuh

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjadi tanda dari adanya kanker rongga mulut. Foto: Thinkstock Sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjadi tanda dari adanya kanker rongga mulut. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sariawan memang mudah timbul di rongga mulut bagian mana saja, apalagi bila tergigit atau tersodok sikat gigi. Rasanya pasti sakit, membuat kita sulit untuk makan dan berbicara.

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis merupakan radang yang terjadi pada mukosa atau bagian dalam mulut. Sariawan yang biasa akan sembuh dalam jangka waktu yang tidak lama.

Bagaimana jika sariawan tak kunjung sembuh dalam waktu lama? Hati-hati, bisa jadi itu adalah tanda adanya kanker rongga mulut.

Baca juga: Susah Membedakan Sariawan Biasa dengan Kanker Mulut? Begini Cirinya

Dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr drg Yuniardini Septorini Wimardhani, MScDent menjelaskan perbedaan sariawan biasa dan sariawan yang merupakan tanda kanker rongga mulut.

"Kalau sariawan yang tidak terkait dengan kanker rongga mulut warnanya putih kekuningan, bentuknya kecil, berpindah lokasi, misalnya di pipi, dekat bibir, bisa di bawah lidah, dan sembuh dalam waktu 1-2 minggu atau tanpa pengobatan bisa hilang," jelasnya kepada detikHealth, Jumat (12/1/2018).

Sedangkan, drg Yuniardini menegaskan bahwa sariawan yang merupakan tanda kanker rongga mulut adalah sariawan yang pada awalnya tidak terasa sakit.

"Perlu diwaspadai, kalau dia (sariawan) menetap dari awal lokasinya tidak pindah-pindah, tidak sembuh-sembuh dalam 3 minggu. Awalnya nggak sakit, lama-kelamaan bertambah besar, sakit dan dapat mengganggu fungsi pengunyahan atau bicara," imbuhnya.

Jika menemukan sariawan seperti ini, drg Yuniardini menganjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan. Meskipun tidak semua sariawan dengan tanda seperti itu merupakan gejala dari kanker rongga mulut.

Tapi apa salahnya untuk mendeteksi lebih dini sebelum terlambat.

Baca juga: Awalnya Sariawan, Ini Kisah Aktivis Migrant Care Melawan Tumor Lidah (wdw/up)
News Feed