Minggu, 14 Jan 2018 10:10 WIB

Cek Medis, Kesehatan Fisik Donald Trump Diklaim Sempurna

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Presiden AS Donald Trump melakukan cek medis untuk pertama kalinya sejak menjabat. Dokter Gedung Putih menyebut kesehatan Trump dalam kondisi sempurna. Foto: REUTERS/Jonathan Ernst Presiden AS Donald Trump melakukan cek medis untuk pertama kalinya sejak menjabat. Dokter Gedung Putih menyebut kesehatan Trump dalam kondisi sempurna. Foto: REUTERS/Jonathan Ernst
Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan cek medis untuk pertama kalinya sejak menjabat. Dokter resmi dari Gedung Putih menyebut kesehatan Trump dalam kondisi sempurna.

"Presiden Trump memiliki kondisi kesehatan yang sempurna. Laporan lebih detail akan disampaikan pada hari Selasa mendatang," ujar dr Ronny Jackson dari Walter Reed National Military Medical Center, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Sering Bertindak Kontroversial, Kesehatan Mental Trump Dipertanyakan

Pemeriksaan kesehatan Trump berlangsung selama 3 jam. dr Ronny menyebut pemeriksaan dijalankan dengan aman dan tanpa keluhan dari presiden.

Menariknya, cek medis ini dilakukan sepekan setelah adanya isu Trump mengalami gangguan mental. Dalam buku Fire and Fury: Inside the Trump White House, penulis Michael Wolff menyebut Trump sangat sulit untuk fokus dan memiliki mental seperti anak kecil.

Kesalahan ucapan yang dilakukan Trump bulan lalu saat pidato juga memunculkan adanya masalah gangguan bicara. Ia juga sering mengeluarkan pernyataan kontroversial dan kontradiktif terhadap omongannya sendiri.

Meski begitu, pihak Gedung Putih mengatakan cek medis yang dilakukan kepada presiden tidak termasuk cek kesehatan mental. Pemeriksaan yang dilakukan hanya fisik dan meliputi berat badan, tekanan darah hingga kadar kolesterol.

Baca juga: Donald Trump Disebut Alami Gejala Dementia Saat Pidato tentang Yerusalem

(mrs/up)
News Feed