Selasa, 16 Jan 2018 09:30 WIB

Di Samping Bipolar, Dolores The Cranberries Juga Akrab dengan Depresi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Kematian mantan vokalis The Cranberries, Colores O'Riordan mengungkap sisi kelam sang musisi. Selain mengidap bipolar, ia juga mengalami ketergantungan obat-obatan.

Dalam sebuah wawancara, Dolores mengungkap masa-masa ketika ia mencoba overdosis pada 2013. Ketika itu, ia bergelut dengan gangguan pola makan, depresi, dan akhirnya menghadapi keterpurukan.

"Aku mencoba overdosis tahun lalu.. Aku pikir, aku harus bertahan demi anak-anak," kata Dolores mengungkap percobaan bunuh diri yang dilakukannya saat itu, dikutip dari The Mirror.

Kondisi tersebut tidak lepas dari masa lalunya yang kelam. Ia mengalami kekerasan seksual pada usia yang masih muda, dan sejak itu mengalami gangguan pola makan anoreksia. Kematian ayah tercinta, Terence, setelah bergelut dengan kanker, makin memperburuk depresi yang dialaminya.

Baca juga: Seperti Dolores 'The Cranberries', Artis-artis Ini Juga Mengidap Bipolar

Tahun 2014, ia mengalami keretakan rumah tangga. Ia berpisah dengan Don Burton suaminya, dan akhirnya bercerai. Pada masa-masa itu, Dolores sempat berurusan dengan hukum ketika melakukan penyerangan terhadap pramugari Aer Lingus. Disebut-sebut, insiden tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi kejiwaannya.

Dolores juga akrab dengan gangguan pola tidur. Dalam berbagai kesempatan, ia kerap mengungkap seringnya ia mengalami susah tidur. Mengonsumsi alkohol, dan kadang-kadang obat tidur, menjadi pelarian sang pelantun hits Zombie tersebut.

Dolores dilaporkan meninggal dunia secara mendadak pada 15 Januari 2018. Ia ditemukan tidak bernyawa di sebuah hotel di London, saat tengah merencanakan sesi rekaman singkat di kota tersebut.



Baca juga: Meninggal di Usia 46, Dolores 'The Cranberries' Punya Riwayat Bipolar

(up/up)