Selasa, 16 Jan 2018 11:45 WIB

Pergulatan Kesehatan Jiwa Dolores 'The Cranberries' Sejak Kecil

Firdaus Anwar - detikHealth
Dolores berjuang dengan kondisi kesehatan jiwa sejak masih kecil. (Foto: Getty Images/Reuters)
Jakarta - Vokalis grup band The Cranberries, Dolores O'Riordan dilaporkan meninggal dunia karena sebab yang belum diketahui. Ibu dari tiga orang anak ini ditemukan tak bernyawa di sebuah kamar hotel di London.

Kepolisian kota London masih melakukan investigasi namun ada dugaan kematian Dolores berkaitan dengan kondisi kesehatan jiwanya. Ia diketahui memang dekat dengan depresi dan belakangan sebelum meninggal juga mengaku punya gangguan bipolar.

Baca juga: Meninggal di Usia 46, Dolores 'The Cranberries' Punya Riwayat Bipolar

Perjuangan Dolores terhadap kesehatan jiwanya ternyata sudah dimulai sejak masih anak-anak. Dikutip dari BBC, dalam sebuah wawancara tahun 2013 Dolores bercerita bahwa ia sering disiksa saat kecil dan ini berujung pada gangguan makan.

Dolores mendeskripsikan keluarga, terutama anak-anaknya sebagai penyelamat.

Pada tahun 2014 Dolores hampir terjerat kasus hukum di mana ia dilaporkan mengamuk dan menyerang seorang pramugari di pesawat. Ia pun di bawa ke rumah sakit oleh polisi kemudian dibebaskan.

Dua tahun kemudian Dolores kembali mengalami insiden di mana ia harus membayar denda sekitar Rp 97 juta karena menyundul petugas polisi. Dolores mengaku saat itu bipolarnya sedang kambuh dan dalam kondisi manik.

Dalam wawancara yang dilakukan Mei 2017, Dolores mengungkapkan ia terus berupaya untuk sembuh dari penyakit tersebut.

"Ada saat di mana saya telah berjuang. Saya pikir depresi, apapun penyebabnya, adalah salah satu hal terburuk yang harus dilalui," ujar Dolores.

Baca juga: Seperti Dolores 'The Cranberries', Artis-artis Ini Juga Mengidap Bipolar (fds/up)