Selasa, 16 Jan 2018 17:07 WIB

6 Benda Tak Terduga yang Bisa Jadi Sarang Kuman dan Bakteri

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
benda-benda ini juga bisa jadi sarang kuman yang tak terduga lho. Foto: ts
Jakarta - Kuman dan bakteri identik dengan tempat kotor dan bau. Padahal tidak melulu seperti itu, benda-benda di sekitar Anda juga bisa jadi sarang kuman yang tak terduga lho.

Salah penempatan, jarang dicuci, hingga tak pernah digunakan bisa jadi penyebab kuman bersarang di benda-benda tak terduga. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

Baca juga: Sabun Pencuci Tangan Vs Sabun Batangan, Mana Lebih Baik untuk Cuci Tangan?


Jangan simpan sikat gigi di atas toiletJangan simpan sikat gigi di atas toilet Foto: Getty Images


1. Sikat gigi

Hindari meletakkan sikat gigi di wastafel dekat toilet. Sebab setiap kali Anda menyiram toilet, bisa jadi percikan air yang mengandung banyak bakteri ikut hinggap di sikat gigi.

Serbet dapur bisa jadi sarang kumanSerbet dapur bisa jadi sarang kuman Foto: Thinkstock


2. Serbet

Sebuah studi dari University of Arizona menyebutkan bahwa bakteri penyebab penyakit tertentu ditemukan di 89% dari serbet dan lap dapur. Ini karena rata-rata benda tersebut tersimpan dalam kondisi lembab dan kotor, sehingga bakteri dengan mudahnya bisa berkembang biak.

Waspada kuman di mainan plastikWaspada kuman di mainan plastik Foto: Thinkstock


3. Mainan plastik

Penelitian terbaru yang dilakukan Georgia State University, menemukan bahwa mainan plastik yang disimpan dalam ruangan lembab dapat menjadi sarang virus dan bakteri.

Jangan lupa ganti sarung bantal Jangan lupa ganti sarung bantal Foto: Thinkstock


4. Bantal

Para ahli merekomendasikan agar bantal diganti setiap enam bulan sekali. Alasannya karena debu, bakteri, dan parasit kutu bisa menumpuk dan hidup berkembang biak di dalamnya. Agar alergen, debu, dan kuman bisa hilang dengan optimal, rendam seprai lengkap dengan sarung bantal-guling serta selimut dengan air hangat sebelum mencucinya dengan sabun.

Jarang dicuci, handuk bisa jadi sarang bakteriJarang dicuci, handuk bisa jadi sarang bakteri Foto: ilustrasi/thinkstock


5. Handuk

Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Arizona pada tahun 2013 melihat bahwa 25,6 persen handuk bisa menyimpan bakteri E. coli yang berkaitan dengan kasus keracunan makanan dan diare. Pakar merekomendasikan sebaiknya handuk diganti setiap selesai dipakai 3-4 kali.

Layar ponsel menyimpan risiko jadi sarang bakteriLayar ponsel menyimpan risiko jadi sarang bakteri Foto: GettyImages


6. Ponsel

Layar ponsel yang tak pernah dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri Staphylococcus aureus yang pada kondisi tertentu bisa menyebabkan infeksi. Staphylococcus aureus diasosiasikan dengan beberapa kondisi patologi, seperti bisul, jerawat, pneumonia, meningitis, dan arthritits.

Baca juga: Cara-cara Lindungi Diri dari Paparan Kuman yang Dinilai Sia-sia

(mrs/up)