Kamis, 18 Jan 2018 07:36 WIB

Benjolan di Tempat-tempat Ini Bisa Menandakan Kanker Limfoma Hodgkin

Hanna Pratiwi - detikHealth
Benjolan di leher, ketiak dan pangkal paha bisa menandakan kanker limfoma hodgkin/Foto: Thinkstock Benjolan di leher, ketiak dan pangkal paha bisa menandakan kanker limfoma hodgkin/Foto: Thinkstock
Jakarta - Mendeteksi kanker sejak dini merupakan hal yang diperlukan agar sel kanker tidak menyebar. Tetapi tidak semua kanker mudah terdeteksi secara dini, sehingga deteksi lanjutan pun sangat diperlukan.

Beruntungnya, ada jenis kanker yang bisa dideteksi sangat dini, yaitu kanker limfoma hodgkin. Kanker ini menyerang sistem kelenjar getah bening yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

"Leher, ketiak, dan pangkal paha umumnya dijadikan lokasi pemeriksaan apakah terdapat benjolan atau tidak di daerah tersebut. Jika ada benjolan bisa dijadikan tanda gejala kanker hodgkin," jelas Prof Dr dr Arry H Reksodiputro, SpPD-KHOM saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).

Baca juga: Ibu dan Balita yang Kena Kanker Bersamaan

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja yang mayoritas pengidapnya berusia remaja dan dewasa. Banyak usia pasien yang ditemukan di rentang usia 15-30 tahun. Penyakit ini juga lebih banyak ditemui pada pria dengan persentase 60 persen dibandingkan wanita yang hanya memiliki persentase 40 persen.

"Banyak masyarakat tidak mengenal gejala dan risiko dari penyakit kanker limfoma hodgkin sehingga datang ke dokter jika kankernya sudah menyebar," tutur Prof Arry selaku Ketua Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik (PERHOMPEDIN).

Selain adanya benjolan pada kelenjar getah bening yang ditemui di daerah leher, ketiak, dan pangkal paha, gejala lain yang termasuk adalah demam atau meriang, berkeringat di malam hari, penurunan berat badan hingga sebesar sepuluh persen atau lebih tanpa penyebab yang jelas, kelelahan yang berlebihan, kehilangan nafsu makan, hingga pembesaran limpa atau hati.

Prof Arry juga menegaskan agar tidak meremehkan benjolan yang terdapat pada tubuh meskipun ukurannya kecil. Bila mendapati hal itu segera konsultasikan dengan dokter.

Baca juga: Cerita Mantan Pesepak Bola Ethan Zohn Dua Kali Berjuang Melawan Kanker


(up/up)
News Feed