Kamis, 18 Jan 2018 11:13 WIB

Terapi ADC Diklaim Bisa Sembuhkan Limfoma Hodgkin Hingga 80 Persen

Hanna Pratiwi - detikHealth
Terapi ADC diklaim bisa sembuhkan limfoma hodgkin hingga 80 persen/Foto: Thinkstock Terapi ADC diklaim bisa sembuhkan limfoma hodgkin hingga 80 persen/Foto: Thinkstock
Jakarta - Seiring berkembangnya waktu, pengobatan kanker memiliki banyak variasi. Salah satunya adanya penggabungan antara targeted therapy dengan imunoterapi.

Melalui penelitian yang dilakukan Dr dr Dody Ranuhardi, SpPD-KHOM, MPH dengan timnya di RS Dharmais, ditemukanlah kombinasi pengobatan kanker limfoma hodgkin dengan terapi bertarget melalui Antibody Drug Conjugation (ADC) yang telah terbukti secara klinis meningkatkan kesempatan kesembuhan pasien Limfoma Hodgkin.

Pengobatan ini secara spesifik menargetkan sel yang sakit untuk meningkatkan efektifivitas pengobatan secara bersamaan, dan memberikan efek samping yang bisa ditoleransi, serta kenyamanan untuk pasien dalam cara pemberian terapi.

"Delapan puluh persen pasien kanker holdgkin bisa disembuhkan dengan terapi antibody drug conjugation, berbeda dengan di zaman 70-an yang bisa sembuh hanya 20 persen saja," ujar Dr Dody, sekretaris jenderal Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik (PERHOMPEDIN) saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Benjolan di Tempat-tempat Ini Bisa Menandakan Kanker Limfoma Hodgkin

Prof Arry selaku Ketua PERHOMPEDIN ikut menambahkan informasi tentang perbedaan terapi ADC dengan kemoterapi. Kemoterapi dapat membunuh semua sel secara bersamaan. Sehingga ada masalah lain yang terdeteksi seperti menjadi infertil dan rambut menjadi habis.

"ADC ini fokus mengobati yang ditargetkan beda dengan kemo semua dibunuh selnya maka rambut jadi botak, dan ada juga yang infertil," pungkas Prof Arry.

Baca juga: Foto: Transformasi Super, Dari Pasien Kanker Sampai Jadi Body Builder

(up/up)
News Feed